Home / Maluku / Forum Lalulintas Angkutan Jalan,Bersama Instansi Terkait Lakukan Uji Coba Rekayasa Jalan
Paur Kerma Subdit Kamsel Ditlantas Polda Maluku,AKP Endy Desianto

Forum Lalulintas Angkutan Jalan,Bersama Instansi Terkait Lakukan Uji Coba Rekayasa Jalan

AMBON,25NEWS.COM-Hari ini kita uji coba rekayasa jalan sesuai hasil kesepakatan dari rapat Forum Lalulintas Angkutan Jalan Provinsi Maluku.Uji coba rekayasa ini menggunakan water barir,kemudian kegiatan ini juga melibatkan instansi terkait salah satunya Direktort Lalulintas Maluku,Satlantas Polres Ambon serta Dinas Perhubungan Provinsi, Perhubungan Kota,TNI dan Jasa Raharja.

Hal tersebut disampaikan Paur Kerma Subdit Kamsel Ditlantas Polda Maluku,AKP Endy Desianto,kepada awak media saat ditemui disela-sela uji coba rekayasa jalan,di jalan Pandan Kasturi desa Batumerah,kamis (20/9/2018).

Lebih lanjut Desianto mengatakan bahwa,”Rekayasa jalan kali ini kita menggunakan water barier,kita membagi jalan ini menjadi dua,artinya kita tutup pas ditengah-tengah agar masyarakat dari luar kota menju ke dalam kota mereka tidak bisa kangsung,juga tidak bisa langsung kearah Onko liong atau ke Mesjid An Nur sini tidak bisa berputar balik,harus berjalan terus dulu.”kata Desianto.

Kemudian sebaliknya masyarakat yang dari dalam kota mereka mahu berbelok ke Batumerah Dalam mereka tidak bisa langsung berbelok atau krosing tetapi dia harus berputar ketas sebab distu ada simpul-simpul titik macet yang ada di Batumerah kalau itu dibiarkan mereka krosing akhirnya macetnya bisa bertamaba panjang.

“Ini masih uji coba, hasil dari uji coba ini kita rapat sama Forum Lalulintas Angkutan  Jalan. Kita usulkan kepada Pemerintah Kota Ambon apabila memang sepakat harapnnya kedepan nanti ada water barier atau beton yang sudah paten sifatnya  jadi bukan water barier tapi beton yang sudah paten jadi mau dipasang nanti samapi diatas lalu berputar di Kebun cengeh,”jelas Desianto.

Untuk sekarang belum ada solusi untuk mengatasi kemacetan,,maka rekayasa jalan merupakan alternative,”kendaraan bertambah banyak,kapasitas jalan juga tidak bertambah serta jalan yang sempit tidak bertambah lebar,maka tidak ada jalan lan selain rekayasa jalan,”tandas Desianto

“Uji coba ini rencanya sampai besok kita lihat hasilnya dari pagi sampai sore.kalau uji rekayasa ini berhasil kita akan usulkan kepada Pemkot kalau memang uji coba dirasa cocok ya mudah-mudahan dianggarkan dari Pemkot maupun dari Pemda Maluku supaya dipatenkan jika uji coba ini tidak berhasil maka akan dikembailkan seperti semua lagi,”tutup Desianto.

Oleh : Aris Wuarbanaran

About admin

Check Also

BNN Maluku Musnahkan 7,15 kg Ganja Kering

AMBON,N25NEWS.COM – Badan Narkotika Nasional Provinsi Maluku memusnahkan barang bukti narkoba jenis  ganja kering seberat …