Breaking News

Forum  Lintas  Parpol  Serakan Laporan Indikasi Pelanggaran Pemilu Di KKT

SAUMLAKI,N25NEWS.COM Pemilihan-  umum di Kabupaten Kepulauan Tanimbar menurut sebagian masyarakat adalah rancu, dikarenakan adanya persoalan – persoalan yang terjadi yg membuat masyarakat mengeluh. Dimana persoalannya yang terjadi di kota Saumlaki

Namun persoalan juga terjadi sampai di desa – desa di Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Terkait persoalan dimaksud akhirnya Forum Lintas Partai Politik menyikapi masalah tersebut. Langkah yang diambil yaitu menyusun laporan sesuai pengamatan yang dilakukan dilapangan oleh Forum Lintas Partai Politik, kemudian dilaporkan ke Bawaslu Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Kedatangan forum Lintas Parpol menemui Bawaslu ini untuk menyampaikan permohonan terkait dengan baik proses maupun sampai kepada pelaksanaan pemilihan umum di KKT. Khususnya daerah pemilihan satu, bahkan lebih khusus 20 TPS yang ada di Kelurahan Saumlaki.

” Berbagai hal ini kami sangat yakin dan percaya Bawaslu akan berpihak kepada masyarakat dalam konteks ini karena ini memang hak menyuarakan pilihan dalam konteks demokrasi, karena beberapa point sudah kami cantumkan dengan tegas dalam permohonan ini,” tegas Y. Fenanlampir salah satu anggota Forum Lintas Partai Politik.

Dimana persoalan – persoalan mekanisme yang dilakukan oleh penyelenggara Pemilu, telah menyimpang dari aturan perundang – undangan, apakah itu mulai dari penyaluran retribusi logistik ke TPS – TPS pada tanggal 17 April 2019. Juga pelaksanaan pemilihan lanjutan yang dinilai melanggar mekanisme perundang – undangan, serta beberapa masalah – masalan pemilu lainnya yang terjadi dilapangan sesuai hasil pengamatan dari Forum Lintas Pertai Politik.

Ditempat yang sama petanyaan juga dari anggota forum lainnya Yopi Frans Manuwembu mengatakan,” perlunya ada kajian dari Bawaslu sesuai aturan main terhadap persoalan – persoalan yang terjadi khusus di TPS 1 Kelurahan Saumlaki. Persoalan yang terjadi seperti 19.000 kertas suara yang rusak, pendistribusian yang tidak merata sehingga memicu terjadinya pemilihan susulan di kelurahan Saumlaki, mengakibatkan kerugian masyarakat yang tidak dapat memilih, dan para caleg pun juga dirugikan,”

Baca juga :   Gebernur Maluku,Pemerintah Targetkan Tahun 2025 Sampah Plastik Berkurang 75 Persen

Hal ini ditanggapi secara serius dan baik oleh ketua Bawaslu Kabupaten Kepulauan Tanimbar M. Alobwaman dalam pertemuan bersama diruang rapat Kantor Bawaslu Jumat sore (26/04/2019). Pihaknya (Bawaslu) sejak dari awal sudah melaksanakan tugas pengawasan, pengawalan sesuai dengan fungsinya, yakni pencegahan, peringatan dini yang sudah disampaikan kepada pihak teknis.

” Berkaitan dengan pemilu di tanggal 17 april 2019 kemarin, dalam tanda kutip sebagian besar gagal, dan kami tetap berproses sesuai dengan kewenang kami misalkan data – data yang kami kumpulkan dari anggota Forum Lintas Parpol sehingga akan dibahas bersama di bidang terkait dalam Bawaslu, apa yang masih kurang atau perlu dilengkapi terkait laporan data yang disampaikan ke kami,” jelas ketua Bawaslu Kebupaten Kepulauan Tanimbar Mathias Alobwaman.

Mekanisme telah dilakukan oleh Bawaslu KKT dan dalam pertemuan dimaksud telah dimasukkan juga laporan dokumen terkait indikasi pelanggaran pemilu dan akan dikaji, kalaupun terbukti terjadi pelanggaran pemilu akan dilakukan pemungutan suara ulang ( PSU ) dibeberapa TPS yang dianggap bermasalah khususnya dikota Saumlaki.

PSU yang dilakukan sesuai peraturan perundang – undangan yang berlaku yakni 10 hari sejak dilaksanakannya pemilihan umum, laporan dokumen yang diberikan Forum Lintas Parpol terkait persoalan yang terjadi apakah ditanggal 17 april 2019 atau persoalan pemilu ditanggal 23 april 2019, akan tetap ditindaklanjuti sesuai mekanisme yang berlaku di Bawaslu Kabupaten Kepulauan Tanimbar. (IS)

About admin

Check Also

Gebernur Maluku,Pemerintah Targetkan Tahun 2025 Sampah Plastik Berkurang 75 Persen

AMBON,N25NEWS.com-Gubernur Maluku,Irjen Pol.Drs.Murad Ismail mengatakan pemerintah melalui Dirjen Perhubungan Laut telah menargetkan di tahun 2025 …