Frans : Proses Pencetakan KTP Menjadi Perhatian Publik

AMBON,N25NEWS.COM – Salah satu permasalahan yang masih terus dihadapi oleh masyarakat,khususnya di Provinsi Maluku adalah permasalahan pencetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang mana selama ini menjadi perhatian publik,salah satunya yang menjadi sorotan adalah proses penyelesaian KTP itu sendiri.

Hal ini dikatakan Ketua Komisi A DPRD Provinsi Maluku,Melkias Frans,kepada awak media saat ditemui dirinya di Kantor Gubernur Maluku,selasa (22/1/2019).

Lebih lanjut Frans  mengatakan,”Kemarin saya baca di salah satu media bahwa Mendagri telah menurunkan sejumlah staf teknis untuk sebagai pendamping dalam penyelesaian permasalahan pencetakan KTP kawasan timur yang termasuk didalamnya ada Provinsi Maluku,”kata Frans.

Penyelesaian proses KTP ini,adalah fital sebab ini mengenai identitas pendusuk sangat penting dan bukan saja untuk kepentingan pemilu semata,tetapi sudah bukam menjadi rahasia umum lagi bahwa KTP sangatlah penting untuk berbagai pengurusan yang sifatnya begitu dibutuhkan.

“Sudah dua tahun terus-menerus saya bicara tentang bagaimana penyelesaian proses KTP ini,saya ngotot sebab KTP merupakan identitas penduduk itu sangat penting bukan hanya untuk kepentingan pemilu,tetapi sekarang ini kan untuk pengurusan apa saja harus ada KTP sebagai identitas resmi,”jelas Frans.

Maka dengan demikian tidak ada pilihan lain Pemerintah Provinsi Maluku diminta lewat Dikdukcapil untuk segera melakukan rapat koordinasi lagi dengan seluruh Kadis Dikdukcapil Kabupatem/Kota untuk mengecek permasalahannya,apakah peralatannya atau sinyal sehingga itu bisa dipercepat apalagi menjelang pemilu,maka sudah barang tentu identitas penduduk sangat diperlukan.

Dengan demikian jumlah penduduk Maluku juga bisa diketahui persis, mengapa ? Sebab jumlah penduduk Maluku itu terkait dengan DAU (Dana Alokasi Umum) karena salah satu kriterianya adalah jumlah penduduk,kalau KTP tidak lengkap berarti kartu keluarga juga tidak lengkap,nah itu mempengaruhi sekali terhadap banyak faktor.

“Untuk itu tidak ada piliham lain lagi selain Sekda harus perintahkan Didukcapil untuk rapat koordinasi dengan seluruh Kabupaten/Kota untuk mencari permasalahannya dimana lalu segerah diselesaikan,sehingga masalah penduduk tidak lagi menjadi permasalahan daerah yang mempengaruhi penduduk nasional,”tandas Melky Frans yang adalah putra Kisar ini.

Penulis : Aris Wuarbanaran
Editor : Redaksi

About admin

Check Also

Direkomendasikan Jadi Ketua DPRD Maluku,Wattimury Sampaikan Terima Kasih Ke Masyarakat

AMBON,N25NEWS.com-Berdasarkan rekomendasi yang dikeluarkan Partai PDI.Perjuangan yang menetapkan Lucky Wattimury untuk menjadi Ketua DPRD Provinsi …

×

N25NEWS.com