Frans Ran Terduga Pelanggaran UU ITE Dilaporkan Kuasa Hukum Yosefa Kelbulan Ke Ditreskrimsus Polda Maluku

AMBON,N25NEWS. com-Tim Kuasa Hukum Yosefa Kelbulan yang diketuai Charter Sousia SH dan rekan melaporkan pemilik akun Frans Ran pelaku pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) ke Ditreskrimsus Polda Maluku karena pencemaran nama baik dan menyebarkan berita bohong (hoax).

Postingan status Frans Ran dalam akun facebooknya diduga sebagai tindakan pencemaran nama baik Ketua Yayasan Anak Bangsa Yosefa Kelbulan.

Pasalnya,dalam akun facebooknya Frans Ran menyebutkan,bahwa Yosefa Kelbulan sudah meninggal dunia dan telah dikebumikan di Jakarta.

Bahkan Kuasa Hukum Yosefa Kelbulan telah melaporkan Frans Ran dari tanggal 12 Januari 2021 dan laporan sebelumnya pada 5 Januari.

“Semua laporan kami sudah di proses oleh Ditreskrimsus Polda Maluku yang masuk ke penyidik,”ungkap Charter Souisa SH kepada awak media saat press conference di Sekretariat YAB,Selasa (19/1).

Lebih lanjut,Charter mengatakan,masalah hukum terkait dengan status yang dinaikan di medsos,pihak kuasa hukum Yosefa Kelbulan sudah ditindaklanjuti sesuai dengan UU ITE dan prosesnya sementara berjalan.

“Jadi terkait dengan UU ITE ini kami tidak main-main tentang hak keadilan yang kami cari terkait dengan klien kami yang punya hak asasi.Sehingga kami kuasa hukum akan tetap menindaklanjuti apa yang telah dilakukan oleh Frans Ran di medsos tersebut,”tegas Charter.

Selain itu,Charter menambahkan proses hukum ini akan tetap berjalan dengan tujuannya agar masyarakat yang menggunakan medsos (media sosial red) mereka tau tentang etika medsos itu,jadi tidak semena-mena.Sehingga dikemudian hari masyarakat paham tentang tata kelola bahasa dalam penggunaan medsos.

“Itu yang kami harapkan dari kepolisian supaya laporan kami segera ditindaklanjuti dan kalau bisa sampai ke tingkat persidangan supaya ada efek jerahnya,”tandasnya.

Reporter  : Aris Wurbanaran

Editor      : Redaksi

 

 

Check Also

Oknum Anggota  Brimob MBD Aniaya  Masyarakat

MBD,N25NEWS.com – Oknum anggota Brimob Polres Maluku Barat Daya melakukan kekerasan terhadap masyarakat Maluku Barat …