Breaking News

Gandeng Mahasiswa KKN Universitas Pattimura, BPOM Ambon Laksanakan Sosialisasi di Desa

AMBON,N25NEWS.COM – Balai Pengawas Obat dan Makanan di Ambon bekerja sama dengan Mahasiswa KKN Angkatan XLV Gelombang ke-2  Universitas Pattimura mengadakan kegiatan Komunikasi, Edukasi dan Informasi (KIE) tentang Kosmetik Aman, sebagai bentuk kontribusi pemberdayaan masyarakat dalam pengawasan obat dan makanan, Kamis malam (04/04), bertempat di Mesjid Baiturrahman Desa Waiheru.

Kegiatan ini bertujuan untuk mencerdaskan masyarakat di tengah maraknya produk kosmetik yang dijual secara daring (online) yang umumnya illegal dan mengandung bahan berbahaya. Peserta yang hadir berasal dari masyarakat setempat dan mahasiswa KKN Universitas Pattimura Ambon serta dihadiri oleh Sekretaris Desa Waiheru dan Bintara Pembina Desa (Babinsa).

Dalam sambutannya, Sekretaris desa menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan bersama antara BPOM dan Mahasiswa KKN sebagai wujud pengabdian tridarma perguruan tinggi di Desa Waiheru. “Kami mendukung kegiatan Balai POM Ambon yang turut melibatkan mahasiswa, dan pembinaan kepada masyarakat, terima kasih atas pemberian informasi yang bermanfaat di Desa kami” jelas Rahmat selaku Sekretaris Desa Waiheru.

Sementara itu, M. Viva Agusta selaku narasumber BPOM menyampaikan perlunya kehati-hatian konsumen sebelum membeli kosmetik khususnya secara daring (online). “Saat ini masih beredar kosmetik palsu dan ilegal dengan harga terjangkau namun tidak terjamin mutu dan keamanannya. Untuk itu diharapkan masyarakat berhati-hati sebelum membeli kosmetik khususnya kosmetika yang tidak memiliki Nomor Izin Edar dengan melakukan CEK KLIK terlebih dahulu: (Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar, Cek Kedaluarsa).”  Jelas Viva disela-sela pemaparan materinya.

Di akhir pemaparan edukasinya, Viva juga memperkenalkan aplikasi BPOM Mobile dan Cek BPOM demi mendorong masyarakat menjadi konsumen yang cerdas. BPOM Mobile merupakan aplikasi untuk memudahkan masyarakat mendapatkan berita terbaru dari BPOM, mengecek suatu produk dengan memindai kode QR atau kode batang, serta mengirimkan pengaduan terhadap suatu produk. Sosialisasi terkait aplikasi masih terus dilakukan demi memenuhi kebutuhan dan mencerdaskan masyarakat.

Kontributor: BPOM Ambon

 

About admin

Check Also

Dinkes Gandeng BPOM Ambon Gelar Monitoring dan Evaluasi Apotek

AMBON,N25NEWS.COM- Dinas Kesehatan Kota Ambon Gandeng Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Ambon menggelar monitoring …