Breaking News

Gelar Sosialisasi PPID, Dinas Kominfo Harap Informasi Satu Pintu

PIRU,N25NEWS.COM -Sebagai pengamanan informasi Pemerintah Daerah terhadap berita yang akan dipublikasikan kepada Masyarakat, maka Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Seram Bagian Barat , menggelar Sosialisasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi(PPID ) yang dilangsungkan di ruang pertemuan Lt 2,Amboina Hotel, Jalan Trans Seram, Kecamatan Seram Barat, Kabupaten SBB, pada Selasa,(26/3/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Bidang Fasilitasi dan Pelayanan Informasi Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri RI, Ibu DR Handayani Ningrum, SE, MSi dan Komisioner Komisi Informasi Publik (KIP) Maluku, Maluku Kamil Fuad, Bupati SBB, Drs Yasin Payapo M Pd, Kadis Kominfo SBB, Abdul Rahman , ST. dan Kepala OPD dilingkup Pemkab SBB, Para Camat dan sejumlah Raja dan Pejabat Desa di SBB.

Dalam sambutannya Bupati SBB, Drs Yasin Payapo M Pd menyatakan, dengan kehadiran PPID maka data yang keluar adalah satu pintu, karena itu sesuai penyampaian Kepala Komisi Informasi bahwa jal-hal secara internal dapat diselesaikan oleh Tim PPID karena itu peranan PPID sangat penting.

Bupati menuturkan, Realita bahwa Publik masih saja terus bertanya padanya, saat Dia menerangkan potensi wisata SBB dan kinerja Pemerintahannya, menunjukkan bahwa publikasi terhadap Informasi di Kabupaten Saka Mese Nusa ini belum tertata, teratur dan dikawal secara baik.
Karena itu, melalui pembentukan PPID, Ia mengajak semua pihak untuk taat asas sehingga seluruh Informasi harus diolah lewat PPID.

Bahkan Payapo menyatakan kekesalannya, pasalnya selama ini publikasi positif terhadap seluruh pekerjaan yang telah dilakukan selama masa kepemimpinannya tidak dilakukan secara baik.

“Untuk semua tahu jalan itu hampir 100 kilometer lebih yang kita buat, tetapi tidak informasikan ke orang-orang (masyarakat), ada jalan yang sejak jaman kemerdekaan belum pernah dibangun, Padahal jumlah wartawan yang ada dikantor Bupati SBB segudang, kalo menyangkut hal-hal yang jelek dan tidak mengandung unsur kebenaran langsung saja dipublikasi dan diinformasikan” sesalnya

Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi, dan berbagai capaian keberhasilan yang telah dilakukan olehnya seakan tidak boleh diberitakan dan diinformasikan ke Publik, karena itu Bupati meminta awak media di SBB untuk menghentikan pola-pola seperti itu.”saya minta adik-adik wartawan, tunjang daerah ini pintanya.

Sementara KadisInfokom SBB,Abdul Rahman ST yang ditemui disela-sela kegiatan menyatakan, terbentuknya PPID ini sebagai pengamanan informasi Pemda terhadap berita yang akan dipublikasikan kepada masyarakat. “untuk kedepan itu, bagi semua teman-teman Pers, akan dibentuk media Center yang terfokus di Dinas Infokom, sehingga kalau ada kasus yang akan dipublikasikan harus dilihat, terkait dengan kebenaran informasi itu” imbuhnya.

Menurut Abdul Rahman, informasi yang disampaikan ke Masyarakat adalah informasi yang betul-betul harus diterima oleh Masyarakat, sehingga harus bebas dari unsur negatif dan ketidaksukaan terhadap sesorang,karena itu informasi harus satu pintu.

Ia menerangkan, informasi terbagi atas dua, yakni informasi serta merta yang bisa dipublikasikan dan informasi dikecualikan yang tidak bisa dipublikasikan, karena itu, jangan sampai ada informasi dikecualikan diinformasikan kepada masyarakat.(

Reporter :  Nicko Kastanja

Editor : Redaksi

About admin

Check Also

Setuju Validasi Data JKN-KIS SBB, Kepala BPJS Maluku Tidak Mau Justifikasi Keputusan Bupati

PIRU,N25NEWS.COM – Kepala BPJS Wilayah Maluku, Afly Latumakulita menyetujui adanya Validasi data penerima Kartu Jaminan …