Breaking News
Ketua GMKI Cabang Ambon Almindes Falantino Syauta

GMKI Berharap Pemkab SBB Lebih Memperhatikan Wilayah Pegunungan

AMBON,N25NEWS.COM – Ketua Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Ambon Almindes Falantino Syauta mengucapkan Terima kasih kepada Pemerintah Daerah Seram Bagian Barat dalam Hal ini Bupati Yasin Payapo,yang mana telah menerima dan membantu kegiatan “GMKI Mengabdi”di Desa Hukuanakota Kecamatan Inamosol Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB)yang berjalan dengan sukses.

Namun demikian kata Syauta ada hal-hal yang perlu,dirinya titipkan untuk Pemda SBB yaitu  lebih serius memperhatikan wilayah kawasan pegunungan.

“Ini yang harus menjadi catatan penting bagi Pemkab SBB, bahwa wilayah pegunungan itu yang pertama yang harus diperhatikan itu soal, aksesbilitas transpotasi, karna majunya perkembangan satu daerah, itu dinilai jika aksesbilitas yang bisa menjangkau seluruh sumber daya alam yang dimiliki setiap desa atau daerah di SBB,”pinta Ketua GMKI Cabang Ambon Almindes Falantino Syauta pada Berita Kota, Kamis(22/8).

Hal tersebut kata Syauta, secara wilayah kerja GMKI Kota Ambon tidak memliki kewengan untuk mengkritis Pemkab SBB.

Akan tetapi hal itu bisa diutarakan Syauta setelah dirinya bersama anggota GMKI lainnya melakukan kegiatan perjalan tugas dan Panggilannya di tengah Gereja dan Masyarakat pada pleno 1 badan pengurus  GMKI Ambon dalam bentuk  pergumulan masyarakat di desa Hukuanakota Kecamatan Inamosol SBB  dengan nama kegiatan” GMKI Mengabdi”.

Dikatakan, secara letak geografis SBB pada dasarnya yang harus lebih diperhatikan kawasan wilayah pegunungan, sehingga perlu ada perhatian Pemkab setempat untuk bagaimana dapat melihat kondisi aksesbilitas transpotasi pada wilayah pegunungan.

Menurutnya, jika dari sisi  aksesbilitas transpotasi kurang diperhatikan secara otomatis masyarakat yang diwilayah pegunungan tersebut mengelami ketertinggalan.

Bukan hanya itu GMKI juga meminta pihak Pemkab SBB juga bisa lebih memperhatikan faslitas dari sarana prasarana pendidikan yang juga berada pada wilayah pegunungan, sehingga pendidikan yang ada bisa lebih berkembang sesuai yang diharapkan.

“Bagaimana mencerdaskan kehidupan bangsa, itu adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan bagi setiap pimpinan yang ada disatu daerah,”ungkapnya.

Selaian itu kata Syauta, pada setiap wilayah pegunungan di SBB, terlebih khusus pada desa   Hukuanakota yang menjadi objek kegiatan” GMKI Mengabdi” juga menyangkut soal sanitasi air bersih yang memiliki sumber daya air yang memadai, akan tetapi sejauh ini tidak ada campur tangan dari Pemkab setempat untuk mengelola sistim air yang secara baik agar bisa mengetahui layak tidaknya air tersebut dapat dikonsumsi oleh warga setempat.

Baca juga :   Pemda Maluku Dan Pusat Mantapkan Sinergitas Nilai-Nilai Bela Negara

“Ini kan belum ada yang tau kalau kadar air di desa tersebut layak dikonsumsi atau tidak, sehingga apa perlu melalui proses filterisasi atau tidak, ini yang harus menjadi perhatian Pemkab setempat,”pintanya.

Syauta juga menyinggung soal sistim pengelolaan Dana Desa (DD) yang menurut informasi yang diterima diterima tanpa ada tim pendampingi desa yang setiap kali tim tersebut turun diusir oleh Kedes setempat, sehingga warga setempat terkadang tidak paham apa yang menjadi program desa dengan dana tersebut.

“Kita bisa liat, kalau dana desa biasanya digelontorkan dengan jumlah miliar rupiah, akan tetapi tidak pembangunan yang siginifikan terjadi di desa yang kami datangi kemarin,”bebernya.

Menyangkut dengan pendidikan di desa yang menjadi objek kegiatan ” GMKI Mengabdi” lanjut Syauta, selain menimnya tenaga pengajar dari sisi sarana prasarana penunjang juga sangat memperhatingkan dengan berbagai keterbatasan yang ada, sehingga ini juga akan bisa berdampak pada kulitas pendidikan di desa tersebut, sehingga juga harus menjadi perhatian Pemkab setempat.

Sementara menyangkut dengan” GMKI Mengabdi” lanjut Syauta, mendapat dukungan penuh dari Pemkab setempat yang dilaksanakan, pekan kemarin menjalankan Syaloom ALLAH di tengah-tengah dunia lewat pergerakan nyata di masyarakat dan desa  Hukuanakota menjadi subjek pengabdian GMKI Cabang Ambon.

Dengan harapan agar Pemkab SBB lewat Bupati Yasin Payapo M.si selalu dan senantiasa melihat segala bentuk gumulan masyarakat yang ada desa  Hukuanakota seperti infrastruktur Jalan, fasilitas pendidikan, sanitasi air dan lingkungan, pengelolaan pemerintahan desa juga pemanfataan sumber daya yang merupakan nilai ekonomis bagi masyarakat setempat.

About admin

Check Also

Sebanyak Seratus Guru Sejarah SMA dan SMK Dari 34 Provinsi se-Indonesia, Ikuti Kegiatan INTI BANGSA

AMBON,N25NEWS.com -Sebanyak Seratus Guru Sejarah SMA dan SMK dari 34 provinsi se-Indonesia, mengikuti kegiatan Internalisasi …