Home / Olahraga / Gowes Tour de Ambon Manise Di Ikut 431 Peserta

Gowes Tour de Ambon Manise Di Ikut 431 Peserta

AMBON,N25NEWS.COM – Gowes Tour de Ambon Manise yang diselenggarakan Polda Maluku diikuti 431 peserta baik lokal, nasional maupun internasional.

“Jadi sampai hari terakhir peserta yang sudah mengikuti kegiatan ini 431 orang, terdiri 116 peserta lokal, 315 dari luar Ambon, 4 diantaranya merupakan peserta dari luar negeri, yakni kanada, swiss, amerika dan ferancis, bahkan rencananya Gubernur Jawa Tengah bersedia untuk hadir Ganjar Parmono, “ujar Ketuan panitia gowes tour de Ambon dalam konfrensi pers yang berlangsung aula polda Maluku, kamis (15/11).

Dikatakan, kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 17- 19 november, dengan melintasi pulau Ambon – Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Seram Bagian Barat.

Dijelaskan, tanggal 17 akan terfokus di pulau Ambon dengan titik start dari hotel the natsepa – memutar pusat kota Ambon – Laha – Larike dan Finish di desa Ureng denhan jarak tempuh 87 kilomemeter.

“Jadi sepanjang jalan tersebut peserta  akan menikmati spot wisata, yakni Patung Christina Martha Tiahahu, Gong Perdamaian, Jembatan Merah Puti dan Batu Layar,”ucapnya.

Sesampai di ureng, peserta kemudian melanjutkan perjalan ke Masohi, Maluku Tenggah menggunakan kapal feri dan tiba tiba di pelabuhan ina marina.

Peserta kemudian melanjutkab perjalanan dengan memutari kota Masohi  dan finish di polsek waipia dengan jarak tempuh 26 kilometer.

“Seluruh peserta akan menginap pada tenda-tenda yang sudah disiapkam di polsek waipia,”katanya.

Lanjutnya, pada hari kedua tanggal 18 daei Polsek Waipia peserta  menuju ke pantai wurang melalui saleman dan tiba di Ora, dengan jarak tempuh 57 kilometer dengan medan pengunungan.

Oleh karena itu, dirinya menghimbau kepada seluruh peserta untuk menyiapkan  mental fisik. Sehingga dalam perjalanan tidak ada kendala yang berarti.

Selama perjalanan, tuturnya ada berbagai tempat pemberhentian yang sudah disiapkan oleh petugas dengan dilengkapi petugas bagian kosumsi, kesehatan, teknisi serta perlengkapan turing, yakni di kilometer 16, 28 dan 36.

“Jadi sampai disana, peserta diminta untuk menikmati pantai Ora dengan sebaik mungkin, karena tanggal 19 pukul 11.00 WIT, seluruh peserta sudah harus bertolak menuju Rumakai denhan jarak tempuh 33 kilometer,”tandasnya.

Dirinya mengungkapkan selama perjalan, ada berbagai kegiatan yang dilaksanakan, yakni  bakti sosial, penyerahan alat-alat olahraga, pemberian Al-Quran dan Alkitab kepada Desa -desa yang dilalui.

Lanjutnya, dari Rumahkay peserta menuju pelabuhan Waipirit dengan jarak  tempuh 33 kilometer. Peserta kemudian akan menyebrang menggunakan kapal feri menuju pelabuhan Hunimua, liang dan tiba pukul 19.00. Dilanjutkan menuju hotel garis Finish di hotel natsepa dengan jarak tempuh 20 kilometer.

“Di rute ini karena malam hari, kami sudah menghimbau kepada seluruh peserta agar kendaraannya dilengkapi dengan penerangan,”pintanya.

Dirinya berharap, dari kegiatan ini potensi parawisata akan semakin dikenal dan dikunjungi para wisatawan baik domestik maupun mancan negara.

“Jadi tujuan dilaksanakannya kegiatan ini selain untuk mengenalkan parawisata yang ada di provinsi Maluku. Juga sebagai bagian untuk menjaga situasi kamtibmas yang aman menjelang Pileg dan pilpres,”pungkasnya.

About admin

Check Also

Kandaskan Kramat Jaya FC (3-2), Iha Kulur Putra 01 Raih Kampiun Turnamen Bupati SBB Cup I

PIRU,N25NEWS.COM – Keseblasan Iha-Kulur Putra 01 akhirnya mengukuhkan diri sebagai kampiun  dalam Turnamen Terbuka Bupati …