Home / Maluku / Gubernur Maluku Lantik Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota, Maluku Tenggara dan Kota Tual

Gubernur Maluku Lantik Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota, Maluku Tenggara dan Kota Tual

AMBON,N25NEWS.COM-Terkait dengan proses pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tenggara serta Walikota dan Wakil Walikota Tual hasil pilkada serentak tahun 2018,dengan pembelahan masyarakat pada pilihan politik yang berbeda adalah proses politik semasa pilkada.

Hal tersbut disampaikan Gubernur Maluku Said Assagaff pada acara pelantikan Bupati,Wakil Bupati Maluku Tenggara dan Walikota,Wakil Walikota Tual yang berlangsung di Lantai 7 Kantor Gubenur Maluku,rabu (31/10/2019).

Lebih lanjut Assagaff mengatakan bahwa,”saya berharap fenomena social politik ini ajang pilkada saudara-saudara adalah Paslonya partai politik,namun sekarang setelah pelantikan ini saudara-saudara adalah Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah bagi masyarakat Maluku Tenggara dan Kota Tual,”kata Assagaf.

Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual adalah dua daerah otonom yang mempunyai kedekatan khusus,baik itu kedekatan batas daerah,mobilitas masyarakat sehari-hari,sampai dengan kedekatan hubugan kekeluargaan maupun adat dan budaya.

Kedekatan dan kemiripan yang dimiliki mesti dilihat sebagai sebuah potensi dan kekuatan besar yang harus dikerakan secara sinergis guna mendorong percepatan pembangunan,terlebih falsafah hidup Ain Ni Ain atau pun falsafah orang tua yaitu manut ain mehe ni tilur vuut ain mehe ni ngifun yang intinya hidup bersama sebagai sebuah kekuatan social cultural yang harus dikelola secara benar.

“Saya sekedar mengingatkan bahwa hukum adat yang saudara-saudara pegang adalah warisan mulia para leluhur yang mesti dijaga dan dipelihara,manfaatkanlah secara baik untuk kemajuan daerah dan bukan menghambat gerak pembangunan.”jejas Assagaff.

Kini posisi Saudara-saudara adalah actor utama yang menentukan,apakah persoalan rakyat dapat terjawab ataukah tidak,karena itu kerja keras adalah kuncinya.Ciptakan aparatur birokrasi yang efektif,dan tidak koruptif dan hadirkan layanan public yang prima padsa semua sektor.

“Untuk semua harapan itu,pekerjaan besar dan mulia di pundak saudara-saudara selaku wakil pemerintah pusat saya ingin mintakan sudara-saudara saling mendukung,menghormati dan saling melengkapi satu dengan yang lain,sebab ini akan menjadi cerminan teladan masyarakat,”tandasnya.

Oleh : Aris Wuarbanaran

About admin

Check Also

Sadli Lie : Penanaman Pohon Untuk Mencegah Metigasi dan Perubahan Iklim

AMBON,N25NWS.COM-Peliara pohon ini adalah salah satu tindakan yang diprakarsai oleh tim penggerak PKK Provinsi Maluku …