Gubernur Maluku Murad Ismail

Gubernur Maluku Nilai Kinerja Pendamping Desa Tidak Tulus

AMBON,N25NEWS.com- Tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Pendamping Desa dalam mendampingi desa dari proses awal mengidentifikasi masalah, serta melakukan perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan evaluasi serta pelaksanaan kegiatan, itu tugas dari Pendamping Desa.

Menurut penilaian Gubernur Maluku,Murad Ismail,selama ini kinerja dari Pendamping Desa,pada semua desa di Provinsi Maluku tidak tulus membatu desa secara total.

Diketakannya,yang terjadi dilapangan  pendampingan yang dilakukan Pendamping Desa, bisa menggerak dan menambah kualitas desa dalam membangun desa itu sendiri,namun ironis,Pendamping Desa sering meminta uang hingga jutaan rupiah baru mereka bekerja.

“Saya mendapat laporan dari para kepala desa,Pendamping Desa setiap kali melakukan pendampingan mereka menuntut harus dibayar 3 sampai 5 juta baru mereka bisa bekerja.Ini kan merusak,padahal Pendamping Desa itu adalah ASN yang mempunyai gaji tetap,”kata Murad Ismail kepada awak media di Ambon,selasa (25/2/).

Baca juga :   Anggaran 50-100 Milyar Disiapkan Pemda Maluku Guna Penanganan Covid-19

Selain itu,menurut gubernur, Pendamping Desa harusnya memberikan saran dan arahan kepada pemerintah desa, sebab mereka paham bagaimana menyusun APBDes. Olehnya dia mengimbau apa yang menjadi tupoksi dari pendamping desa harus benar-benar dilakukan.

“Tentunya saya berharap apa yang menjadi tugas pokok dan fungsi dari pendamping desa, itu lakukan pendampingan di desa bukan pendampingan dirumah terus bikin laporan ‘pura-pura’ kemudian laporannya disuruh tandatangan,”ungkap mantan Dankor Brimob RI ini.

“Untuk itu,kepada para kepala desa jika merasa pendampingan di desa tidak maksimal, jangan tandatangani laporan mereka (pendamping desa-red),” tandas mantan Kapolda Maluku ini.

Reporter          : Aris Wuarbanaran

Editor              : Redaksi

 

 

 

Check Also

Maluku Terkonfirmasi Satu Orang Positif Terjangkit  Virus Corona

AMBON,N25NEWS.com – Sekretaris Daerah Maluku (Sekda)Maluku Kasrul Selang  yang juga sebagai Ketua  Gugus Tugas Covid …