Home / Kab.Buru / Gubernur Maluku Setuju Gunung Botak Dibuka
Tony Waikibo salah satu pemuda adat yang mewakili masyarakat adat Buru dan Buru Selatan saat bertemu dengan Gubernur Maluku Said Assagaff diruang kerjanya Kantor Gubernur Maluku,senin (26/11/2018).

Gubernur Maluku Setuju Gunung Botak Dibuka

AMBON,N25NEWS.COM-Masyarakat adat Buru dan Buru Selatan menuntut kepada Gubernur Maluku untuk segerah membuka kembali Tambang Emas Gunung Botak,walaupun konsekuensi dari pada pembukaan gunung Botak itu para perkerja tambang harus bekerja secara manual.

Hal tersebut disampaikan Tony Waikibo salah satu pemuda adat yang mewakili masyarakat adat Buru dan Buru Selatan saat bertemu dengan Gubernur Maluku Said Assagaff diruang kerjanya Kantor Gubernur Maluku,senin (26/11/2018).

Lebih lanjut Waikibo mengatakan,”Gubernur sangat sepakat untuk dibukanya kembali gunung Botak,sebab beliau tidak mau menyusahkan masyarakat adat,”kata Waikibo.

Dalam pertemuan tersebut maka didapati beberapa kesepakan salah satunya yaitu Merkuri dan Sianida itu dihilangkan,sebab dalam kenyataannya masyarakat adat justru yang dirugikan dengan adanya kehadiran merkuri dan sianida yang diduga kuat adanya kepentingan-kepentingan dari oknum tertentu.

“Jujur saja gunung Botak ini sudah menjadi harapan hidup kami masyarakat adat.Artinya dengan ditutupnya gunung Botak ini maka itu sangat berpengauh terhadap kebutuhan kami masyarakat adat.Tetapi syukur dengan adanya kesepakan ini kiranya gunung botak ini dapat menjawab kebutuhan kami sehari-hari,”jelas Waikibo.

Untuk itu harapaan kami selaku masyarakat adat untuk pemerintah secepatnya untuk membuka kembali gunung botak dan kami minta biarlah pembukaan gunung botak ini kami kerja secara manual saja,”Kalu terkait dengan yang lain itu nanti aturan Pemda lah, kalau dengan kami ya secara manual biar kerjanya berat asal kami bisa kerja untuk mencukupi berbagai kebutuhan kami,”tandas Waikibo.

Oleh : Aris Wuarbanaran

 

About admin

Check Also

BNN Maluku Musnahkan 7,15 kg Ganja Kering

AMBON,N25NEWS.COM – Badan Narkotika Nasional Provinsi Maluku memusnahkan barang bukti narkoba jenis  ganja kering seberat …