Breaking News

Gubernur Maluku,Aplikasi SiPelangi Hadir Guna Hadapi Tantangan Di Era Milenial

AMBON,N25NEWS.COM-Undang-undang No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen,telah diberlakukan sejak tahun 2000,namun disadari masih sedikit konsumen yang memahami bahwa mereka mampunyai hak yang di jamin UU dan juga kurangnya pemahaman konsumen akan hak dan kewajibannya serta kemampuan melindungi diri ketika berinteraksi dengan pasar.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku,Hamin Bin Taher saat mewakili Gubernur Maluku,pada Acara Louching Aplikasi Pelangi Berbasis Android,yang berlansung di Kantor Dinas Perindag Provinsi Maluku,senin (20/5/2019).

Lebih lanjut Bin Taher mengatakan bahwa,”Kita di Maluku saat ini, untuk peredaran barang dan jasa di masyarakat makin meningkat dan hampir sebagian besar tidak terpantau dan luput dari pengawasan oleh aparat pemerintah,”kata dia.

Menurutnya lagi tidak terpantaunya barang dan jasa ini mengakibatkan kerugian bagi masyarakat dan konsumen baik dari sisi keselamatan,kesehatan dan keamanan dalam penggunaan barang tersebut.

Mencermati hal tersebut maka,Dinas Perindag Provinsi Maluku membuat sebuah inovasi dalam rangka peningkatan pelayanan publik,yakni sistem pengawasan menggunakan aplikasi android SiPelangi.Sebagai salah satu solusi bagi konsumen untuk melakukan pelaporan maupun pengaduan.

“Aplikasi SiPelangi ini saya jamin bahwa kehadirannya dalam menghadapi tantangan di era global atau era milenial dan sangat cocok diterapkan di wilayah Provinsi Maluku,”jelasnya.

Kemudian upaya peningkatan pemahaman perlindungan konsumen di era global dan digital ini juga dimaksudkan untuk membentuk konsumen cerdas,berdaya,mandiridan cinta produk dalam negeri,sekaligus mendorong pelaku usaha untuk lebih bertanggung jawab dalam memperdagangkan barang dan jasa baik produk dalam negeri maupun produk impor.

“Untuk itu sangat disadari bahwa sebuah program yag telah dirancang sedemikian baiknya,tidak ada artinya tanpa dukungan dan peran aktif dari berbagai pihak,maka melalui launching aplikasi SiPelangi ini menjadi momentum strategis bagi kita untuk meningkatkan kesadaran antara konsumen dan pelaku usaha,”tandas Bin Taher

Reporter     : Aris Wuarbanaran

Editor         : Redaksi

About admin

Check Also

Bertemu Dengan Tokoh-Tokoh Agama Murad Tegaskan Komitmen Bereskan Ketimpangan

AMBON,N25NEWS.COM-Gubernur Maluku Murad Ismail menggelar pertemuan bersama dengan para tokoh-tokoh agama se-Maluku di ruang rapat …