Gubernur Sampaikan Rancangan KUA Dan PPAS APBD Provinsi Maluku 2019

AMBON,N25NEWS.com-Pelaksanaan Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (APBD)Provinsi Maluku tahun anggaran 2019,talah memasuki akhir triwulan ke-ketiga,dimana berbagai program dengan anggran yg bersumber dari APBD telah dilaksanakan dan perlu dilakukan singkronisasi dengan program sebagai penjebaran dari pada visi dan misi gubernur dan wakil gubernur Maluku periode 2019/2024.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Maluku,Drs.Barnabas Orno dalam membacakan sambutan Gubernur Maluku Murad Ismail pada Rapat Paripurna DPRD Provinsi Maluku,dalam rangka penyampaian Rancangan KUA dan PPAS APBD Perubahan Provinsi Maluku tahun anggaran 2019 yang berlangsung di ruang rapat DPRD Provinsi Maluku,rabu (4/9/2019).

“Selain itu, masih terdapat persoalan yang harus dibenahi, disesuaikan dan disempurnakan sampai dengan berakhirnya tahun anggaran yaitu tanggal 31 Desember 2019,”kata Murad Ismail.

Menurut Gubernur,sesuai dengan amanat UU 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah serta UU No 1 tahun 2004 tentang Pembendarahan Negera,bahwa sebelum penyampaian APBD pemerintah daerah kebijakan umum perubahan anggaran sebasgai landasan umum rancangan perubahan APBD.

“Anggaran sementara perubahan APBD Provinsi Maluku tahun 2019 diharapkan dapat dibahas dan disepakati dalam waktu tidak terlalu lama,sehingga rancangan APBD dapat kita sampaikan dan ditetapkan bersama anggota dewan yang terhormat ini,”ungkap Murad.

Baca juga :   P2TP2A Maluku Bahas Program Kerja

Adapun,realisasi pendapatan daerah sampai pada semester satu (1) mencapai 50,51 persen,namun pendapatan daerah yang direncanakan dalam kebijakan umum dan plafon anggaran sementara perubahan APBD tahun anggaran 2019 turun menjadi Rp.3,17  triliun,dari perkiraan pendapatan APBD murni sebesar Rp.3,20 triliun atau terjadi penurunan sebesar Rp.30,26 milyar atau 0,94 persen.

Sementara itu,perubahan perdapatan daerah terdiri dari Pendapatan Asli  Daerah (PAD) turun menjadi Rp.501,94 milyar,sedangkan pada kebijakan umun serta prioritas Pagu Anggaran Sementara APBD tahun 2019,yg lebih renda sebesar Rp. 532,80 milyar atau mengalami penurunan Rp. 30,85 milyar atau 55,79 persen.

“Kita berharap dana perimbangan pada kebijakan serta prioritas plafon anggaran sementara perubahan APBD diperkirakan tidak mengalami perubahan,prioritas plafon anggaran sementara APBD tahun 2019 naik 18.75 jika dibandingkan dengan APBD murni yang di rencanakan pada tahun 2019 ini,”tandas Murad Ismail.

Reporter   : Aris Wuarbanaran

Editor       : Redaksi

 

 

 

 

 

 

 

 

Check Also

Sekda Buka Pelatihan Teknis Pelayanan Publik Dan Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Das

AMBON,N25NEWS.com-Sekretaris Daerah Maluku Kasrul Selang membuka resmi Pelatihan Teknis Pelayanan Publik dan Guru Pendidikan Agama …