Breaking News

Gubernur Serahkan Bendera Kloter Tandai Lepas JCH

AMBON,N25NEWS.COM -Bertempat di aula Musdalifah Asrama Haji Waiheru Ambon, Sabtu(13/7/2019) Gubernur Maluku Murad Ismail menyerahkan bendera kloter sekaligus menandai pelepasan Jemaah Calon Haji (JCH) musim haji 1440 H/2019 M.

Bendera kloter diterima langsung pembimbing ibadah haji kloter 13 Drs.H. Wahyudin Kaliky mewakili JCH Maluku sebanyak 1.272 sesuai kuota haji.

Dari 1.272 JCH berdasarkan informasi terakhir pantia haji Maluku terdapat 1 jemaah yang berhalangan tetap dan sudah digantikan dengan ahli waris serta 4 lainnya yang meminta penundaan keberangkatan, sehingga total jemaah yang diberangkatkan hanya sebanyak 1.268 JCH yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 12, 13 dan 14.

Gubernur Maluku Murad Ismail dalam arahan singkatnya mengatakan, ibadah haji merupakan momentum untuk belajar menjadi sumber kasih sayang, sumber bermanfaat dan saing mengasihi khusus bagi Maluku tercinta.

Lewat momentum pelepasan Gubernur juga meminta JCH untuk bisa mendoakan Maluku yang kita sama-sama cintai.

Dimana Pemprov juga telah memberi subsidi bantuan operasional kepada JCH Maluku yang merupakan bagian  perhatian dan kepedulian Pemprov Maluku.

Ia juga mengemukan bahwa demi melepas JCH sekaligus merupakan hal yang ditunggu sejak dilantik sebagai Gubernur Maluku, sehingga merupakan hal yang lebih penting dibandingkan menghadiri undangan Duta Besar New Zealand Tantowi Yahya, untuk menghadiri kegiatan  1st Pacific Exposition mengusung tema Towards One Pacific Destination, namun dirinya membatalkannya.

Baca juga :   Kemenag Agendakan Pemulangan Jemaah Haji

“Beta lebih pilih melepas JCH, sebab bagi beta ini lebih penting. bahkan ini pertama kali Beta melepas jemaah sejak menjabat sebagai gubernur dan ini merupakan cita-cita saya,”ujarnya.

Sebelumnya Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku, Fesal Musaad mengungkapkan rasa syukurnya terhadap penambahan kuota haji dalam beberpa tahun ini.
Lewat kesempatan itu Musaad juga menyinggung soal pembebasan lahan seluas 5 Hektare oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Maluku.

Itu karena Kemenag lewat SBSN telah menyiapkan anggaran untuk
membangun infrastruktur Embarkasi Haji Antara (EHA) Maluku.

“Bapak Gubernur punya komitmen untuk membebaskan lahan. Bahkan Pak Gubernur juga sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak pemilik lahan,”ungkapnya.

Untuk itu dirinya juga mengucapkan
terima kasih kepada Gubernur Maluku atas perhatiannya sehinga insya Allah ke depan Maluku akan menjadi EHA.
Dikatakan, usai pelepasan tepat pada Minggu(14.15/7) JCH akan diterbangkan dari Bandara Pattimura menuju Embarkasih Haji Sudiang Makassar dengan menggunakan maskapai Lion Air grup.

Selanjutnya pada Senin(15-16/7) kembali diterbangkan menuju Arab Saudi dan kembali ke Tanah Air pada tanggal 26 Agustus 2019 mendatang.

Reporter :Rohim

Editor :,Redaksi

About admin

Check Also

232 Peserta KSM Rebut 11 Tiket Tingkat Nasional

AMBON,N25NEWS.COM –  Pembukaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi yang diikuti 232 siswa/siswi tingkat Madrasah …