Breaking News

Gubernur,FGD Penting Dalam Penyusunan IO Provinsi Maluku

AMBON,N25NEWS.com-Gubernur Maluku,Irjen Pol (Purn) Drs.Murad Ismail mengatakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) sebagai tahapan penting dalam penyusunan Neraca Produksi Tabel Input Output (IO) provinsi Maluku,sebagai bentuk inplementasi dalam mendukung kegiatan program prioritas nasional.
Hal ini di sampaikan Gubernur dalam sambutan tertulis yang disampaikan Plt Asisten I Bidang Tata Pemerintahan Setda Maluku,Hendry Far-Far,saat membuka dengan resmi acara Focus Group Dicussion (FGD) Penyusunan Neraca Produksi Tabel IO Provinsi Maluku Tahun 2019 yang berlangsung di Swiss Bel Hotel Ambon,rabu (25/9/2019).
Hadir pada kegiatan itu sebagai narasumber.

Kepada BPS Dumangar Hutauruk,serta hadir pula Kadis SDM Fauzan Khatib,Kadis KKP Rumelus Far-Far,Kadis Perindang Elvis Pattiselano.

Dikatakannyan,tahun 2019 merupakan tahun terakhir pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019,dimana Rencana Kerja Pemerinrah (RKP) tahun 2019 lebih terfokus pada optimalisasi pemanfaatan seluruh sumber daya untuk mengejar pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan nasional.

Lebih lanjut Gubernur mengatakan isu strategi dalam RKP yakni,pembangunan manusia melalui kemiskinan dan peningkatan pelayanan dasar,pengurangan kesenjangan antar wilayah melalui konektivitas dan kemaritiman,peningkatan nilai tambah ekonomi melalui pertanian,industri dan jasa produktif,pemantapan ketahanan energi dan stabilitas keamanan nasional serta kesuksesan pemilihan umum.

“Dari isu tersebut,maka salah satu program prioritas nasional yang telah digulirkan pemerintah dalam pengurangan kesenjangan antar wilayah,melalui penguatan konektivitas dan kemaritiman,harus kita kawal bersama demi terwujudnya tujuan dan sasaran pembangunan nasional,”ungkap gubernur.

Menurut gubernur lagi,perencanaan pembangunan berdasarkan aspek kewilayahan,membutuhkan tools,sehingga dalam menentukan kebijakan kewilayahan dapat tepat sasaran sesuai dengan tujuan nasional.

Baca juga :   Pemprov Maluku Gelar Rapat Percepatan Penanganan Bencana Gempa

“Saya mengapresiasi Kementerian PPN/Bappenas yang berkolaborasi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) untuk melakukan kegiatan pengembangan statistik kewilayahan dengan penyusunan Inter Regional Input Output (IRIO)yang akan memberikan informasi yang terstruktur,”jelas Gubernur.

Sementara itu, Gubernur tandaskan IRIO merupakan penggabungan dari tabel input output seluruh provinsi atau region yang ada di wilayah Indonesia.IRRIO ini dapat memberikan gambaran secara rinci,keterkaitan antar wilayah untuk menunjang pembangunan nasional,terutama dalam.memyusun rencana evaluasi kebijakan secara terintegrasi yang berbasis spesial.

Adapun BPS akan melakukan penyusunan IRRIO selama tahun 2019-2020,dimana target yang akan dicapai dalam penyusunan neraca produksi tabel input output seluruh provinsi,sedangkan target yang akan dicapai pada tahun 2020 adalah melakukan penggabungan tabel input output dari semua provinsi di Indonesia dalam bentuk tabel Inter Regional Input Output (IRRIO).

Dengan demikian Gubernur tegaskan tabel input output Promal di susun dengan tujuan menyajikan gambaran hubungan timbal balik dan saling ketergantungan antar kegiatan ekonomi (sektor) dalam perekonomian provinsi Maluku secara menyeluruh,yang tentunya sangat penting sebagai bahan perencanaan dan evaluasi kebijakan pemerintah provinsi Maluku.

“Untuk itu saya berharap seluruh pemangku kepentingan di Maluku dapat membangun kerjasama,berkoordinasi,berkomunikasi dan berkolaborasi,menyampaikan data yang akurat ke BPS Provinsi Maluku sebagai bahan penyusunan tabel input output (IO) dan tabel inter regional input output (IRRIO) tersebut,”tandas mantan Dankor Brimob RI ini.

Reporter : Aris Wuarbanaran
Editor : Redaksi

About admin

Check Also

Gubernur Maluku,HUT Ke 73 Bea Cukai ,Momentum Menciptakan Birokrasi Bersih Dari Praktek KKN

AMBON,N25NEWS.com-Gubernur Maluku,Irjen Pol Drs.Murad Ismail mengatakan,HUT ke 73 Kanwil DJBC Maluku dan Maluku Utara,sebagai momentum …

×

N25NEWS.com