Gubernur,Kehadiran MUI Maluku Untuk Mempererat Tali Persaudaraan

AMBON,Gubernur Maluku Murad Usmail mengatakan,sangat menyambut gembira terbentuknya pengurus baru Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Maluku yang telah di kukuhkan pada hari ini,semoga kehadiran MUI,semakin mempererat tali persaudaraan dan kemitraan diantara semua yang hadir.

“Kita semua sadar ulama adalah salah satu posisi yang sangat penting dalam kehidupan umat Islam,”ungkap gubernur pada acara Pengukuhan dan Ta’aruf Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Maluku masa Khidmat 2019-2024 oleh Wakil Ketua Umum MUI Pusat yang berlangsung di Gedung Azhari Al Fatah Ambon,senin (20/01/2020).

Menurut gubernur,ulama bukan saja sebagai pewaris para nabi yang berperan dalam membimbing dan membina spiritualitas umat Islam,tetapi juga sebagai mitra strategis bersama Umara atau pemerintah dalam mensukseskan berbagai program pembangunan.

“Era globalisasi dewasa ini,kita menghadapi berbagai tantangan kehidupan yang tidak mudah,masyarakat diperhadapkan dengan berbagai idiologi,nilai-nilai baru dan perilaku sosial,yang terkadang tidak sejalan dengan tradisi keagamaan kita,”kata mantan Dankor Brimob RI.

Lebih lanjut,gubernur menandaskan,pada momentum pengukuhan dan ta’aruf kepengurusan yang baru MUI Provinsi Maluku ini,maka ia menyampaikan beberapa hal,yakni MUI perlu meneguhkan jati dirinya sebagai organisasi yang memiliki tanggung jawab luhur untuk mengawal perjalanan umat Islam.

“Mari kita terus menjaga dan mempertahankan situasi dan kondisi kehidupan sosial keagamaan yang semakin rukun,harmonis dan kondusif di Provinsi Maluku,baik di antara umat Islam sendiri maupun diantara sesama umat beragama yang lainnya,”jelas gubernur.

Selain itu,ia mengajak MUI Provinsi Maluku dan segenap organiaasi keagamaan yang ada di daerah ini untuk terus bersinergi dengan pemerintah dalam mendukung berbagai program pembanguan yang saat ini terus dilaksanakan di berbagai bidang.

Untuk itu,pemerintah berkomitmen untuk mendukung berbagai program kerja MUI Provinai Maluku yang dapat memberikan kontribusi bagi proses pembangunan masyarakat didaerah ini.

Diketahui,hadir pada acara tersebut Wakil Ketua Menteri Agama RI dan juga Wakil Ketua MUI Pusat,Dr.KH.Zainut Tauhid Sa’adi,M Si,Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku,Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Sulawesi Tenggara,Forkopimda Provinsi Maluku,Kapolda Maluku,Pangdam XVI Pattimura,MUI Provinsi Maluku,Rektor IAIN Ambon,pimpinan Ormas dan pimpinan tokoh-tokoh agama di Maluku.

Reporter : Aris W

Editor : Redaksi

Check Also

Lewat Rakor, Pemprov – Kemenag Percepat Tahun 2020 Maluku Jadi Embarkasi Haji

AMBON,N25NEWS.com -Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) bersama Kementerian Agama (Kemenag) Maluku untuk mempercepat terwujudnya …