HAB 73, 54 ASN Kemenag Terima Penghargaan SLKS

AMBON,N25NEWS.COM – Di puncak peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke 73, sedikitnya 54 Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup jajaran Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) terima penghargaan Satya Lenacana Karya Satya (SLKS) kurun waktu 10, 20 dan 30 tahun.

Selain Kemenag juga penghargaam SLKS diberikan kepada ASN lingkup Institut Agama Islam Negeri ( IAIN) dan Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon.

Pemberian penghargaan sesuai SK Presiden nomor 122/TK/ tahun 2018 tentang  penyerahan penghargaan SLKS.

Selain SLKS penghargaan yang sama juga diberikan kepada kategori ASN dan pengurus DWP teladan serta paket umroh dari Bank Syariat Mandiri bagi ASN  Kemenag wilayah 3T.

Untuk kategori ASN teladan diraih staf keuangan Mustakin SE dan Rosalita Westplat sebagai anggota DWP teladan.

Sementara kategori laporan keuangan 2018 terbaik masing-masing dicapai, Bimas Islam sebagai peringkat pertama, selanjutnya pembimas Budha, Bidang pengelola anggaran Pendis dan kategori madrasah terbaik masing-masing diperoleh MAN 1 Ambon, MAN 1 Malteng, MIN 1 Ambon, MTs Ambon, MTs Malteng dan MIN 5 Malteng.

Penyerahan penghargaan SLKS diberikan langsung Wakil Gubernur (Wagub) Zeht Sahubarua selaku inspektur upacara HAB ke 73 Kemenag, selanjutnya penghargaan disarkan oleh Kakanwil Kemenag Maluku Fesal Musaad. S.Pd. M.Pd usai upara berlangsung.

Sambutan tertulis Menag RI Lukman Hakim Saifudin yang dibacakan Wagub mengatakan, 30 tahun tepat 3 Januari 1946 Pemerintah membentuk Kementerian Agama (Kemenag) sebagai bagian dari perangkat kehidupan bernegara dan berpemerintahan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pembentukan Kemenag  merupakan keputusan yang bersejarah dan memberi pengaruh besar sepanjang perjalanan bangsa dan negara Republik Indonesia hingga kini.

Berdirinya Kemenag adalah untuk menjaga dan memelihara, sekaligus mengembangkan kualitas pendidikan keagamaan masyarakat kian naik peringkat.

Agar tetap dan terus terjaga kerukunan hidup antarumat beragama yang kian rekat dan pada akhirnya agar kualitas kehidupan keagamaan segenap bangsa makin meningkat.

Kendati negara kita secara formal tidak berdasar agama tertentu, tidak menetapkan suatu agama sebagai agama resmi negara, akan tetapi keterlibatan negara dan Pemerintah menyangkut kehidupan keagamaan merupakan hal nyata dan niscaya, sesuai konstitusi negara.

Keberhasilan pembangunan kehidupan beragama sangat menentukan hari depan bangsa dan negara.

Melalui peringatan HAB  kita diingatkan kembali arti pentingnya jaminan hak beragama dalam pelaksanaan Pancasila dan UUD 1945, terutama sila Ketuhanan Yang Maha Esa pada pembukaan dan pasal 29 UUD NKRI.

Dalam negara kita berdasar Pancasila, bukan hanya jaminan untuk mengamalkan ajaran agama dilindungi negara, bahkan kebijakan Pemerintah tidak boleh bertentangan dengan ajaran dan kaidah agama.

Sejalan dengan tema HAB Kemenag”Jaga Kebersamaan Umat”, Menag mengajak seluruh jajaran Kemenag, apalagi di tahun politik sekarang ini, agar senantiasa menebarkan energi kebersamaan, merawat kerukunan dan menempatkan diri di atas dan untuk semua kelompok dan golongan kepentingan.

Ajakan yang sama juga disampaikan ke semua elemen bangsa agar tetap menjaga kebersamaan, keutuhan sesama anak bangsa.

Dimana segala ujaran, perilaku, dan sikap yang bisa menimbulkan luka bagi sesama saudara, bisa dihindari dan jauhi saling menebar benci, saling melempar fitnah keji, saling menyuburkan penyakit hati dan saling melukai hati antar sesama anak negeri.

Untuk seluruh ASN  jajaran Kemenag harus menjadi perangkai, penjalin, dan perajut tenun kebangsaan kita yang bhinneka.

“Kita haruslah menjadi teladan dalam kesederhanaan, kejujuran, dan keikhlasan memberikan amal bakti bagi segenap warga negara tercinta,”pinta Menag dalam sambutan tertulis.

Untuk itu dalam tugas sehari-hari setiap aparatur Kemenag harus mampu menunjukkan nilai kinerja yang baik,kepemimpinan yang amanah, dan memberi kemudahan kepada masyarakat luas, untuk memperoleh akses.

 

Penulis     :Gali M

Editor      :Redaksi

Check Also

Pulang Kampung, Pentury Bagikan Bantuan Tali Asih ke Dua Desa di SBB

SBB,N25NEWS.com – Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kristen Kementerian Agama (Kemenag) RI, Thomas Pentury …

×

N25NEWS.com