Hadiri Musda VI PPM Maluku,Ralahalu Ingatkan Pemuda Harus Jadi Pelopor Semangat 45

AMBON,N25NEWS.com- Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia atau LVRI Provinsi Maluku Brigjen TNI (Purn) Karel Alberth Ralahalu,mengatakan Musyawarah Daerah (Musda) ke VI Pemuda Panca Marga (PPM) Provinsi Maluku,haruslah PPM menjadi pelopor-pelopor jiwa semangat 45 kepada generasi muda.

Hal tersebut disampaikan Karel Ralahalu disela-sela Musda ke VI Pemuda Panca Marga (PPM) Provinsi Maluku, yang berlangsung diMakorem 151 Binaiya rabu (14/10/).

“Kita adalah organisasi yang strategis karena merupakan keturunan para pendiri negara ini. Mari kita kobarkan semangat untuk membantu pemerintah mewujudkan cita-cita kemerdekaan,” kata Ralahalu.

Menurut Ralahalu, PPM harus tetap mempertahankan organisasi yang merupakan anak biologis dan tidak terpengaru dengan politik-politi praktis,namun tetap mendukung sepenuhnya pemerintah pusat dan daerah dalam program-program pembangunan,maupun kesejahteraan di Maluku.

Selain itu,kata Ralahalu sebagai pemuda,kader PPM harus mampu berkarya karena dengan berkarya adalah ciri anak bangsa yang mau berpikir maju. “Membangun itu adalah tugas kita, sebagai pemuda,” ungkap mantan Danrem 151/Binaya ini.

Ralahalu juga mengingatkan agar kader PPM tetap menjunjung tinggi hukum dan aturan yang ada sebagai konsekuensi hidup di negara hukum. TNI Polri sebagai induk organisasi PPM telah memberikan contoh yang baik soal ketertiban dan ketaatan hukum ini.

Baca juga :   BNPB Bersama Tim Literasi Kebencanaan Gali Sejarah Kebencanaan di Maluku

“TNI dan Polri adalah institusi yang sangat tertib dan menertibkan diri. Kita harus ikuti, jangan sampai melakukan hal-hal yang inkonstitusi,” tegasnya.

Sementara itu,di kesempatan yang sama Ketua Pemuda Panca Marga Daerah Provinsi Maluku Ir. Amirulah Lubis menjelaskan bahwa Musda ke VI Pemuda Panca Marga provinsi Maluku yang dilakukan selama sehari penuh ini,guna memilih kepengurusan fungsionaris PPM periode 2020-2026 mendatang.

“Pada Muda PPM ini,kita juga membahas program umum,rekomendasi Musda dan beberapa program kebijakan sebatas organisasi yang akan kita sampaikan,baik itu secara internal maupun eksternal Pemuda Panca Marga kedepan.

Adapun,peserta Musda berasal dari DPC PPM Pulau Ambon,DPC PPM Maluku Tengah,DPC PPM,SBB,DPC PPM BURU dan DPC PPM Maluku Tenggara.Selain itu,dari 11 kabupaten/kota hanya ada 7 DPC saja yang sudah terbentuk,karena tidak semua kabupaten/kota mempunyai DPC yang ada.

“Berkaitan dengan hal itu,saya harapkan kepengurusan ini bisa terbentuk dan selanjutnya kita lakukan konsolidasi-konsolidasi organisasi pada tingkat DPC,”ujar Amirulah Lubis.

“Pemuda Panca Marga sebagai anak biologis dari pejuang veteran RI,kami tetap mempunyai komitmen tetap melanjutkan perjuangan orang tua veteran Republik Indonesia,yaitu bagaimana melestarikan nilai-nilai semangat 45 demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,”pungkasnya.

Editor : Aris Wuarbanaran

Check Also

Memiliki Legalitas,Soumeru : YAB 11 Provinsi Indonesia Timur Siap Jalankan Aktivitas

AMBON,N25NEWS.com- Yayasan Anak Bangsa (YAB) 11 Provinsi Indonesia Timur,dapat menjalankan aktivitasnya,karena secara hukum telah sah …