Home / Ekonomi / Halim Daties : Tindak Pidana Korupsi Momok Yang Menakutkan
Halim Daties Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM

Halim Daties : Tindak Pidana Korupsi Momok Yang Menakutkan

AMBON,N25NEWS.COM-Tindak pidana korupsi merupakan momok yang sangat menakutkan bagi aparat pemerintahan,kemuadian munculnya berbagai atauran tentang tata kelola keuangan yang sedikit banyak memberikan ruang yang mengakomodasi perkembangan teknologi dan perdagangan Online.

Hal tersebut disampaikan Halim Daties Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM saat mewakili Gubernur Maluku pada acara Seminar Hukum Keuangan Negara,Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Negara dan Penyelesaian Tindak Pidana Korupsi di Kantor Keuangan Negara,kamis (15/11/2018).

Lebih lanjut Daties mengatakan,”Kita bersyukur dengan lahirnya Paket UU di bidang Keuangan Negara yang terdiri dari UU 17 Tahun 2003,UU No 1 Tahun 2004 dan UU No 15 Tahun 2004,yang kita pahami sebagai titik awal dimulainya perombakan menyeluruh sistim pengelolaan keuangan Negara,”katanya.

Pengetahuan yang terbatas dan pemahaman yang berbeda tentang batasan tugas dan tanggung jawab pengelolaan keuangan Negara beserta kaida-kaidanya dan ketidakpahaman tentang tindak pidana korupsi terkadang menyebabkan keraguan dalam mengambil langkah dalam pengelolaan keuangan.

“Kita berharap dengan adanya seminar ini dapat memberikan pemahaman yang memadai tentang akuntabilitas pengelolaan keuangan Negara dan seminar ini juga menjadi sarana diskusi dan tukar pikiran tentang pengelolaan keuangan Negara,agar korupsi dan kerugian dapat dihindari,”jelas Daties.

Dengan terciptanya pemahaman yang sama antara pengelola keuangan Negara dengan aparat penegak hukum tentang akuntabilitas dan tindak pidana korupsi,sehingga peristiwa kerugian Negara dan perbuatan melawan hukum dapat dihindari.

“Saya harapkan lagi semoga kegiatan seminar ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dimasa mendatang dan juga semoga kerja sama ini ada terjalin kerja sama antara instansi di lingkup Kementerian Keuangan,Pemda,Aparat Penegak Hukum dan Akademisi yang tercermin dalam seminar ini,”tandas Daties.

Oleh : Aris Wuarbanaran

About admin

Check Also

Disub Maluku Surati Kementerian Perhub,Minta Berih Sangsi Maskapai Terkait Harga Tiket Melebihi Batas Atas

AMBON,N25NEWS.COM-Banyak warga masyarakat yang mengeluh mahalnya harga tiket pesawat menjelang perayaan Hari Natal dan Tahun …