Breaking News
Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Maluku,H.Achli.A.Jasim,S.P.,M.H

Hardiknas 2019 Momentum Evaluasi Capaian Pendidikan Dan Mutu Guru Di Maluku

AMBON,N25NEWS.COM-Hari Pendidikan Nasional (Harganas) merupakan momentum tepat untuk mengevaluasi capaian-capaian di bidang pendidikan yang terus ditingkatkan serta didalamnya juga termasuk dengan mutu guru di Provinsi Maluku.

Hal ini dikatakan Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Maluku,H.Achli.A.Jasim,S.P.,M.H.kepada awak pada Acara Bazar Buku Murah dan Pameran Pendidikan yang berlangsung di Taman Pattimura Park Kota Ambon,kamis (25/4/2019).

Lebih lanjut Jasim mengatakan bahwa,”Ada beberapa hal pembinaan mutu guru adalah penyebaran guru dan murid yang tidak merata, rasio guru secara nasional rendah,kualifikasi pendidikan guru juga masih rendah,kualitas guru sehingga berdampak pada rendah prestasi belajar dan masih rendahnya jam mengajar guru,kata dia.

Sehubungan dengan hal tersebut maka sudah barang tentu pendidikan di Maluku selayaknnya mengupayakan berbagai alternatif dan inovasi dalam rangka percepatan belajar siswa.Dimana salah satu unsur kunci adalah mutu guru.

“LPMP ini kan tugasnnya melaksanakan penjaminan mutu pendidikan dasar menengah dan bertugas juga memfasilitasi peningkatan mutu guru,tetapi kita harus didukung oleh Pemerintah Daerah dalam hal ini dari sisi anggarannya dan jumlah guru terutama di saerah-daerah terpencil/perbatasan (3T)),”jelasnya

Baca juga :   Buruknya Pelayanan Pendidikan di Desa Ukalahin

Untuk mengatasi pemasalahan ini maka,langkah-langkah yang telah diambil adalah dengan memaksimalkan lagi mutu guru di Maluku.Dan upaya dari semua pihak yang berkepentingan dalam hal ini pendidikan harus ditingkatkan lagi sebab dari sisi standar pendidikan Maluku masih dikatakan dibawa,terutama untuk guru-guru di daerah 3T itu yang harus menjadi perhatian.

“Untuk itu Hardiknas ini menjadi momentum untuk mengevaluasi dan meningkatkan mutu guru,tapi tidak semua guru,Cuma guru-guru di perbatasan 3T yang harus menjadi perhatian kita.Sebab dari data yang kita miliki sudah mencapai sekitar 60-70 persen capaian mutu pendidikan dan guru kita di Maluku,”tandasnya.

Reporter    : Aris Wuarbanaran

Editor        : Redaksi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About admin

Check Also

LPDP Maluku Berpartisipasi Dalam THE 3RD EDUCATION EXPO 2019 UNPATTI

AMBON,N25NEWS.COM – Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) sebagai Badan Layanan Umum dibawah Kementerian Keuangan RI …