Breaking News

Harga Bawang Putih Di Pasar Ambon Berangsur Turun

AMBON,N25NEWS.COM-Setelah sempat melambung, harga bawang putih pada beberapa pasar tradisonal di Kota Ambon terpantau mulai mengalami penurunan harga salah satunya disebabkan oleh mulai meningkatnya pasokan bawang putih dari sentra produksi.

Harga bawang putih di pasar Mardika Ambon berangsur turun setelah pada awal Ramadhan sempat naik hampir menyentuh Rp.100 ribu per kilogram.

Salah satu pedagang bahan pokok di pasar Mardika,mengatakan penurunan harga bawang putih ini terjadi sejak sepekan terakhir,”sekarang bisa dikatakan normal jadi Rp.35 ribu.Sebelumnya hingga awal puasa harganya sangat tinggi,bahkan mencapai Rp.100 per kg,”kata Radit di pasar Mardika Ambon,jumat (1/6/2019).

Lebih lanjut Radit mengatakan penurunan itu disebabkan oleh mulai masuknya bawang putih dari sentra produksi sehingga membuat pasokan ditingkat distributor melimpah.

Meski demikian,harga jual Rp.35 ribu dinalai masih tergolong tinggi mengingat pada saat normal dan sebelum terjadi lonjakan.Harga jual bawang putih di pasaran hanya berkisar 26 samapai 28 ribu per kg.

“Kenaikan bawang putih jadi hal biasa kalau puasa ini.Mudah-mudahan sampai sebelum lebaran harganya tidak naik lagi,”ujar dia.

Adapun harga bawang merah yang juga sempat mengalami kenaikan harga,tetapi sekarang sama seperti bawang putih juga mengalami penurunan harga yakni Rp.35 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp.50 ribu per kg.

Sementara itu beberapa komoditi lain,seperti telur ayam,daging ayam,beras dan sayur mayur masih dalam posisi harga yang normal.Harga telur ayam Rp.25.000 per kg sedangkan per butir Rp.1.700,untuk daging ayam Rp.34.000 per kg,beras Rp.13.000 per kg,sedangkan sayur mayur seperti kangkung Rp.7000 per ikat,bayam Rp.6000 per ikat dan sawi Rp.5000 per ikat.

Stabilnya kebutuhan pokok ini,tetapi tidak untuk komoditi cabai rawit merah,sampai saat ini harganya masih dikisaran Rp.75 ribu sampa Rp.80 ribu,tetapi di prediksi harga cabe rawit merah ini akan turun jika pasokan dari Makasar sudah masuk.Sementara ini masih mahalnya cabe rawit merah karena pasokan yang masuk masih dari lokal (Buru).

“Ada bebrapa pedagang di pasar Mardika yang telah menjual cabe rawit merah ini dengan harga Rp.60 ribu diperkirakan jika pasokan yang masuk dari Makasar maka harga cabe rawit merah ini akan turun,jadi yang masih mahal itu karena pasokan dari lokal (Buru) muda-mudahan pasokan dari Makasar masuk masuk maka harganya turun,”tandas salah seorang pegawai Dinas Perindag.

Reporter       : Aris Wuarbanaran

Editor           : Redaksi

About admin

Check Also

Harga Kebutuhan Pokok Di Pasar Ambon Mulai Turun

AMBON,N25NEWS.COM-Sejumlah harga kebutuhan pokok di beberapa pasar tradisional di Kota Ambon mulai mengalami penurunan,selasa (30/7/2019). …