Breaking News

Harga Cabai Rawit Merah Di Pasar Ambon Kembali Melonjak

AMBON,N25NEWS.COM-Semua komoditas di pasar Mardika Ambon,harganya tidak mengalami masalah yang berarti,yang jelas dapat dikatakan semua komoditas harganya masih stabil.Stabilnya harga semua komoditas ini,tidak berlaku pada komoditas strategis sepeti cabai rawit merah.

Kerap kali faktor alam yang menjadi permasalahannya,sebab melonjaknya harga cabai rawit merah ini,tak lain masalahnya adalah cuaca seperti curah hujan yang tinggi dan musim kemaru yang panjang pada sentra produksinya,jumat (5/4/2019)

Akibatnya,produksinya menurun di tingkat petani,sehingga pasokan ke pasar juga pun menurun dan sudah pasti kelangkaan komoditi cabai rawit merah ini,sangat berdampak pada naiknya harga cabai rawit merah di pasar yang ditaksir mencapai Rp.65.000 per kg.

Sedangkan untuk  harga cabai merah biasa rata-rata 3 pasar tradisional di Kota Ambon mematok harga yang sama yaitu Rp.30.000 per kg dan untuk cabai merah keriting rata-rata harganya bervariasi mulai dari Rp.25.000,Rp.22.000 dan Rp.20.000.

Baca juga :   Stok Cabai Rawit Merah Di Pasar Ambon Kosong

Selain faktor alam,pendistribusian ke pasar berkurang,dikarenakan para pengepul langsung membeli cabai rawit mereh ini ke sentra produksinya.Selain itu diperkirakan harga cabai rawit merah ini terus naik sampai menjelang acara Sidi umat Kristiani dan diperkirakan menjelang H – 5 bulan Puasa yang akan datang harga komoditi ini akan terus merangkak naik.

Dede salah seorang pedagang di pasar Mardika Ambon mengatakan,”Lonjakan harga cabai rawit merah ini akan terus naik menjelang acara Sidi Gerja untuk umat Kristiani dan pada H – 5 bulan Puasa,kata “Dede.

“Memang beberapa daerah pada sentra produksi seperti di Makasar,yang mana panen cabai rawit merah ini mengalami masalah dengan cuaca.Sedangkan sentra produksi di pulau Buru, para  membeli langsung di disna,sehingga menghambat proses distribusi cabai rawit merah ini ke pasar,”tandas Dede.

Reporter   : Aris Wuarbanaran

Editor       : Redaksi

About admin

Check Also

Rapat Pleno Evaluasi TPAKD Bersama OJK Provinsi Maluku

AMBON,N25NEWS.COM-Rapat Pleno Evaluasi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) yang di fasilitasi oleh Otoritas Jasa …