Breaking News
gambar ilustrasi

Harga Cengkeh Dan Kopra Stagnan,Fuli Masih Mahal

AMBON,N25NEWS.COM-Harga komoditi strategis yaitu cengkeh salah satunya di tingkat petani belum bergerak naik (stagnan),masih di harga  Rp.85 ribu per kg disemua toko penjualan komoditi cengkeh yang nerada di Kota Ambon.

Hasil pantauan N25NEWS.COM,sebagian  besar petani yang ada dibeberapa daerah di Kota Ambon dan Maluku seluruhnya masih belum puas.Hal ini dibenarkan oleh salah satu petani asal desa Kamariang,Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB),jumat (8/02/2019).

Lebih lanjut Nus mengatakan bahwa,”Kalau komoditi kopra masih bertahan dengan harga Rp.4.800 per kg,bahkan ada bebrapa teman-teman petani saya yang belum mahu membuat kopra,mereka lebih memilih untuk menjual kelapa langsung ke pasar,”kata Nus

Sementara itu komoditi cengkeh dan kopra yang mana sentra produksinya umtuk Maluku yaitu dari pulau Seram dan pulau Buru ini akan dijual lagi kepada para pembeli di Kota Ambon terutama toko Rimba di kawasan pertokoan pasar Mardika.

“Patokan harga cengkeh dan kopra di toko Rimba,saya kira sama saja dengan pembeli lain yang ada di Kota Ambon,sebab hasil pembelian di Ambon mereka akan jual lagi ke Surabaya yang selama ini dijadikan pasar utama  komoditi ekspor cengkeh dan kopra dari Maluku,jadi kalau sampai terkadi perubahan harga di Surabaya maka sudah pasti di Ambon juga berpengaruh,”jelas Nus.

Baca juga :   Pemkot Ambon Kembali Gelar Pasar Murah di Air Besar, Desa Batu Merah

Hasil komoditi lain yang harganya sekarang masih mahal yakni fuli atau kulit pembungkus biji pala yang kini masih di patok Rp.160 ribu per kg ,yang mana harga komoditi tersebut sedah bertahan sejak awal bulan Desember 2018.

“Saya melihat bahwa untuk komoditi yang lain seperti biji pala bundar dipatok harganya Rp.65 ribu yang sebelumnya Rp.57 ribu per kg,adapun harga coklat yang mana petani mematok harganya Rp.27 ribu per kg,dari sebelumnya Rp.28 ribu per kg,”tandas Nus.

Penulis : Aris Wuarbanaran

Editir    : Redaksi

About admin

Check Also

Indag Maluku Pastikan Harga Bawang Putih Akan Stabil Pekan ini

AMBON,N25NEWS.COM –  Harga bawang putih di pastikan akan stabil dalam pekan ini,hal ini seiring dengn …