Harga Komoditi Strategis Cengkeh,Pala,Fulli,Coklat,Kopra Di Kota Ambon Bervariasi

AMBON,N25NEWS.COM-Harga cengkeh di Kota Ambon,di minggu ke dua bulan Maret 2019 kembali turun dari sebelumnya Rp.87.000 per kg,turun menjadi Rp.84.000 per kg,di 3 pasar tradisional yaitu pasar Mardika,pasar Batumerah dan pasar Gotong royong.

Hal ini diluar prediksi para petani,sebab ada  beberapa daerah di Maluku sekarang ini memasuki masa panen,jumat (22/3/2019).

Hasil pantauan N25NEWS.COM,khusus di pasar Mardika komoditi lainya seperti kopra juga mengalami penurunan hal ini yang membuat para petani kopra resa dengan harga seperti ini,harga kopra hanya sebesar Rp.300 per kg.

“Kita para petani kopra hanya pasrah dengan kondisi harga kopra yang harganya sangat jatuh,pada akhirnya dari pada rugi meningan kita langsung jual saja ke pasar,”kata Herman salah satu pedangang kelapa di pasar Mardika Ambon.

Sedangkan hasil perkebunan lainnya yang harganya masih mahal yakni fulli atau kulit pembungkus biji pala yang kini dipatok harganya Rp.165.000 sebelumnya Rp.155.Adapun komoditi pala hanya sedikit mengalami penurunan harga yaitu Rp.60.000  dari sebelumnya Rp.65.000.

“Memang harga komoditi di pasar ini sangat bervariasi ada yang harganya naik dan turun,nah sekarang seperti coklat harganya naik menjadi Rp.30.000 dari sebelumnya Rp.28.000,”tandas Herman dengan wajah bingung.

Reporter  : Aris Wuarbanaran

Editor       : Redaksi

Check Also

Stok Tersedia,Harga Cabai Rawit Merah Di Pasar Ambon Turun

AMBON,N25NEWS.com-Harga cabai rawit merah di salah satu pasar tradisional Ambon,yakni pasar Mardika telah turun semenjak …

×

N25NEWS.com