Harga Tomat Di Pasar Ambon Mahal,Cabai Keriting Murah.

AMBON,N25NEWS.com-Harga tomat di pasar Mardika Ambon,bergerak naik.Kondisi ini sudah berlangsung selama du (2) hari ini,sebagai imbas pasokan yang terbatas.

“Sekarang tomat mahal,saya jual Rp.20 ribu per kg dari sebelumnya Rp.10.000 ribu per kg,”ujar Murni,salah seorang pedagang di pasar Mardika Ambon,selasa (19/11/2019).

Melonjaknya harga tomat ini,kata Murni tidak terlepas dari ketersediaan tomat yang banyak sehingga petani tomat mengurangi produksi sehingga dijual murah pada bulan sebelumnya.

Sementara itu,salah satu staf bidang perdagangan Desperindag Provinsi Maluku,Dede mengataan melonjaknya harga tomat dikarenakan pedagang tidak menanam tomat,tetapi menanam cabai rawit keriting,sehingga pasokan tomat dari petani yang masuk tidak banyak sehingga harga jual tomat mahal.

Baca juga :   WLI Ekspor 12 Kontainer Udang Ke China

“Petani cabut semua tanaman tomat dan menggantikannya dengan menanam cabai rawit keriting,pikir mereka tomat stoknya masih banyak,minggu lalu pedagang menjual Rp.10.000 per kg,tapi sekarang ini sudah naik Rp.20.000 per kg,”kata Dede.

Pantauan N25NEWS.com,naiknya harga tomat tak diikuti kebutuhan pokok lainnya,seperti cabai keriting yang harganya dijual oleh pedagang yakni Rp.25 ribu per kg.

“Cabai merah biasa sekarang Rp.40.000 per kg,sedangkan untuk bawang merah Rp.32.000 per kg dan bawang putih Rp.34 ribu per kg,”tandas Murni.

Reporter    : Aris Wuarbanaran

Editor        : Redaksi

 

Check Also

Kunjungi Taiwan,Gubernur Maluku,Gagas Kerjasama Perikanan.

AMBON,N25NEWS.com-Gubernur Maluku,Murad Ismail,memenuhi undangan Pemerintah Kota Kaohsiung,Taiwan untuk menggagas kerjasama di bidang perikanan. Dalam lawatannya …

×

N25NEWS.com