Hari Ini, Walikota Lepas 365 JCH Ambon

AMBON,N25NEWS.COM-Sudah dipastikan hari ini, Selasa(9/7) Walikota Ambon Richard Louhenapessy, SH akan melepas 365 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kota Ambon.

Pelepasan JCH Kota Ambon yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 13, ditandai dengan penyerahan data manifex oleh Walikota kepada panitia haji Maluku yang akan berlangsung di gedung Ashari Al Fatah Ambon.

” Jemaah Kota Ambon sebanyak 365 yang tergabung dalam kloter 13 embarkasi Makasar rencanya akan dilepas Walikota Ambon,”akui Kakamenag Kota Ambon Drs Zein Firdaus Kaisupy pada media ini usai memberikan manasik haji di Gedung Ashari Al Fatah Ambon, Selasa kemarin.

Dikatakan, selesai pelepasan dari Pemkota Ambon dan dilanjutkan dengan pelepasan Pemerintah Provinsi Maluku pada tanggal 13 Juli mendatang oleh Gubernur Maluku, rencana keberangkatan JCH kloter 13 asal Kota Ambon dari bandara Pattimura menuju embarkasi Makasar menggunakan maskapai penerbangan Lion Air pada, Senin(15/7) sehari setelah keberangkatan kloter 12.

“Sebagaimana biasnya, jemaah Kota Ambon sebelum diberangkatkan harus terlebih dulu dilepas dulu oleh pak Walikota, begitu juga pak Gubernur secara keseluruhan provinsi Maluku,”akui Kaisupuy.

Namun untuk lebih meningkatkan wawasan JCH Kota Ambon lanjut Kaisupy, saat ini pihaknya telah melakukan proses manasik haji dan berbagai persiapan menjelang pelepasan jemaah.

Baca juga :   Kemenag Apresiasi Pemkot Aspali Asrama Haji

Ditanya soal jumlah jemaah yang berangkat sudah sesui dengan kuota haji Kota Ambon kata Kaisupy, dari kuota 365 terdapat satu jemaah yang gagal berangkat lantaran meninggal dunia atas nama Hapsa Matdoan.

“Sampai terakhir berdasarkan informasi laporan yang diterima, terdapat satu jemaah yang meninggal sehingga yang berangkat hanya 364 jemaah,”tandasnya.

Terkait dengan hal tersebut Kabid PHU Kanwil Kemenag Maluku Hi Yamin S.Ag yang dikonfrmasi mengakui, kalau ada satu jemaah kota Ambon yang berhalangan tetap atau meninggal.
Namaun sesuai Perdirjen PHU Kemenag RI nomor 117 tahun 2019 tentang pelimpahan nomor porsi bagi jemaag yang berhalangan tetap atau meninggal dunia.

Dengan ketentuan tersebut setelah dikoordinasi dengan pihak keluarga jemaah yang meninggal, sehingga pihak keluarga sepakat untuk digantikan dengan anaknya atas nama Saleh Matdoan sehingga secara keseluruhan jemaah Maluku yang berangkat sesuai kuota haji berjumlah 1.272 CJH.
Disinggung soal kesiapan pelepasan kata Yamin, kini persiapanya sudah mencapai 90 persen dan pelepasanya dijadwalkan pada, Sabtu(13/7) di asrama haji Waiheru.

Reporter : Rohim

Editor :Redaksi

Check Also

Gubernur Maluku Sampaikan Empat Pesan Saat Membuka Festival Seni Qasidah

AMBON,N25NEWS.com-Gubernur Maluku Drs. Murad Ismail menyampaikan empat pesan penting saat membuka Festival Seni Qasidah Tinggkat …

×

N25NEWS.com