Home / Pendidikan / Hari Senin Rencana Plt Gubernur Wisuda Siswa Lulusan SPUM Oleh : Gali Markalin

Hari Senin Rencana Plt Gubernur Wisuda Siswa Lulusan SPUM Oleh : Gali Markalin

“Selama ini kan kalau pengukuhan siswa baru itu dilakukan oleh Walikota dan pada saat siswa menggalkan kampus ini untuk nantinya terserap di dunia usaha dan industry itu akan dilepas oleh Gubernur, jadi semuanya sudah jelaskan,”ungkapnya.

AMBON-Hari  Senin(14/5) dipastikan sebanyak 154 siswa/siswi lulusan Sekolah Usaha Perikinan Menegah (SUPM) Waiheru Ambon alumni angkatan XXX tahun ajaran 2017/201 menjalani prosesi wisuda yang rencananya akan dilakukan oleh Plt Gubeernur Maluku Zeth Sahuburua.

“Wisuda tahun ini, direncanakan Plt Gubernur Maluku akan ambil bagian”tandas Kepala SUPM Waiheru Ambon Achmad Jais Ely pada N25NEWS.COM.

Dikatakan, wisuda yang akan berlangsung di aula SUPM Waiheru Ambon tahun ini mengambil tema” Laut Masa depan Bangsa” dimana tema ini merupakan indicator kinerja utama yang harus dipenuhi SUPM untuk bagaimana alumni SUPM bisa terserap kurang lebih 95 persen di dunia usaha dan industry.

“Indikator kinerja itu saya sudah melakukan tandatangan perjanjian kerja  dengan Kepala Pusat Pendidikan dan Kelautan  di Jakarta, sehingga ada beberapa perusahan yang sudah melakukan penandatangan Momerandum of Understand (MoU) dengan kami, untuk mempekerjakan para alumni sesuai bidangnya masing-masing,”akui Ely.

Menyikapi hal tersebut kata  Ely pihaknya juga telah mengundang berbagai pihak perusahan untuk secara bersama menghadiri proses wisuda sekaligus dapat menerima para lulusan sesuai bidang yang dibutuhkan. Mereka yang diundang antara lain PT Budi Agung Binatara, PT Abadi Mandiri Internasional dan PT Samudra Wakatobi Manise dan ada beberapa perusahan lainnya.

Dengan demikiana diharapkan dari 154 siswa alumi SUPM Ambon tahuan ajaran 2017/2018, bisa 90 persen terserap didunia usaha maupun industry oleh beberapa perusahan yang sudah menyetujui menerima siswa alumni SUPM Waiheru Ambon.

Baca juga :   Hasil UN SMP/MTs Serentak Di Umumkan, Berikut Data Kelulusannya

Ia mengakui sesuai permintaan oleh pihak perusahan yang akan menerima alumi SUPM baru sementara pada bidang ahli Nautika Kapal Penangkap Ikan dan  Ahli Teknika Kapal Penangkap Ikan. Akan tetapi tidak menutupi kemungkinan ada perusahan pengelolaan yang juga hadir untuk bagaimana bisa menerima dibidang pengelolaan.

“Jadi semua tenaga didik kami sudah terlatih dan siap untuk bekerja, sehingga tidak ragu untuk mereka langsung turun bekerja di dunia usaha dan industry,”akuinya lagi.

Ely menambahkan kalau proses wisuda yang selama ini dilakukan di SUPM itu biasanya dilibatkan Pemerintah Daerah dalama hal ini Gubernur, sedangkan untuk proses penerimaan siswa baru akan melibatkan Pemerintah Kota Ambon dalam hal ini Walikota, sehinga terkesan bahwa kehadiran SUPM milik semua orang bukan satu pihak saja.

“Selama ini kan kalau pengukuhan siswa baru itu dilakukan oleh Walikota dan pada saat siswa menggalkan kampus ini untuk nantinya terserap di dunia usaha dan industry itu akan dilepas oleh Gubernur, jadi semuanya sudah jelaskan,”ungkapnya.

Ia berharap melalui moment wisuda nanti, para lulusan dapat terserap pada duni usaha dan industry termasuk dapat diterima ke jenjang pendidikan tinggi lainnya.

About admin

Check Also

Angka Kelulusan SMA Negeri 1 Wuarlabobar MTB Anjlok Akibat Kekurangan Guru OLEH : Aris Wuarbanaran

“Tidak ada rotan akarpun jadi. Mengantisipasinya, SMA Negeri 1 Wuarlabobar kini menggunakan tenaga guru honorer …