Hasil Proyek Perubahan PIM II Dipersentasikan Keper BKKBN Maluku

AMBON,N25NEWS.com-Hasil proyek perubahan PIM II kepada mitra kerja terkait di Ambon,dipresentasikan Kepala Perwakilan (Kaper) BKKBN Provinsi Maluku, Dra. Renta Rego melalui Sosialisasi Implementasi Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II tentang Strategi dan Pengembangan Model Pelatihan CTU dan Pre Service Training Prevalence Rate,di Aula BKKBN Maluku, Senin kemarin (12/10).

Peserta yang hadir adalah mitra kerja BKKBN Maluku yakni : Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, IBI Provinsi Maluku, Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura, STIKES Pasapua, STIKES Maluku Husada, P2KS Provinsi Maluku, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Ambon, IPKB Provinsi Maluku, termasuk Kepala OPD KB kabupaten/kota di Maluku yang bergabung secara virtual.

Bidang Latbang BKKBN Maluku sebagai penyelenggaran kegiatan, dalam laporannya menyampaikan apresiasi serta penghargaan yang tinggi kepada Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku atas kepercayaan yang diberikan.

Program Bangga Kencana yang dilaksanakan di Provinsi Maluku memiliki permasalahan yang cukup kompleks di karenakan kondisi geografis yang memerlukan transportasi relative tinggi, hambatan lainnya adalah terbatasnya tenaga, sarana dan prasarana serta biaya pelayanan, sehingga pola pelaksanaan program pun dilakukan dengan pendekatan gugus pulau.

Selain itu,tingginya angka kelahiran, angka pemakaian kontrasepsi masih dibawah standar nasional. Tingginya Unmet need, kuantitas dan distribusi dokter, tenaga medis, PLKB dan Faskes masih kurang serta rendahnya kuantitas provider terlatih dan bersertifikat menjadi berbagai faktor permasalahan yang perlu ditangani dengan serius.

Baca juga :   BNPB Bersama Tim Literasi Kebencanaan Gali Sejarah Kebencanaan di Maluku

Kini,BKKBN pun menyadari peran dan tanggung jawab dalam menangani kondisi tersebut lewat solusi yang inovatif dan kontinyu yang terjabar dalam implementasi PKN II yang terencana dan berkualitas.

Adapun,dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah Surat Keputusan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku nomor : /PL.01/J6/2020, tanggal 09 Oktober 2020, tentang panitia pelaksana dan narasumber sosialisasi implementasi pelatihan kepemimpinan tingakat II tentang strategi pengembangan model pelatihan CTU dan Pre Service Training Prevalence Rate di Provinsi Maluku tahun 2020.

Kegiatan yang berlangsung sehari itu melibatkan peserta dari unsur mitra BKKBN dan OPDKB, yang telah memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan implementasi PKN II tahun 2020, dengan Narasumber Dra. Renta Rego sebagi Projec Leader dalam penulisan program ini.

Pada kesempatan tersebut dilakukan penyerahan Sertifikat Sejuta Akseptor kepada IBI Provinsi Maluku dan Dinas Kesehatan Provinsi Maluku atas kerja sama dan partisipasinya dalam rangkaian kegiatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) tahun 2020.

Selain itu, dilakukan penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU) antara Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku dengan IBI Provinsi Maluku, STIKES Pasapua dan STIKES Maluku Husada.

Untuk itu,diharapkan, kegiatan ini dapat bermanfaat serta menjawab permasalahan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan keluarga Berencana di Provinsi Maluku.

Editor : Aris Wuarbanaran

Check Also

Memiliki Legalitas,Soumeru : YAB 11 Provinsi Indonesia Timur Siap Jalankan Aktivitas

AMBON,N25NEWS.com- Yayasan Anak Bangsa (YAB) 11 Provinsi Indonesia Timur,dapat menjalankan aktivitasnya,karena secara hukum telah sah …