Home / Maluku / Hasil Qur’ah, CJH Maluku Tempati Jarwal dan Mahbasjin Kota Mekkah Oleh :Gali Markalin
Kakanwil Kemenag Maluku Fesal Musaad

Hasil Qur’ah, CJH Maluku Tempati Jarwal dan Mahbasjin Kota Mekkah Oleh :Gali Markalin

AMBON,N25NEWS.COM – Berdasarkan hasil rapat Qur’ah atau proses pengundian pemdondokan Jemaah haji musim haji 1439 H/2018 M. Calon Jemaah Haji (CJH) Maluku yang tergabung dalam kloter 10,11 dan 12 akan menempati lokasi Jarwal dan Mahbasin Kota Mekkah

“Tim Kemenag telah melakukan qur’ah atau pengundian pemondokan jemaah haji wilayah Makkah tahun 1439H/2018M secara nasional dan CJH Maluku akan menpati Jarwal dan Mahbasin,” jelas Kakanwil Kemenag Maluku Fesal Musaad dalam pesan WhastApp yang diterima N25NEWS.COM. Jumat (1/6/2018).

Dikatakan, dalam penjelasan Dirjen Penyelenggara Haji dan Umarah (PHU)  Kemenag  RI Nizar Ali? Bahwa meskipun ada pengundian, , jemaah haji yang berangkat pada kloter awal, penempatan pondoknya tidak melewati proses undian. Jemaah kloter awal akan ditempatkan di lokasi terdekat Masjidil Haram. Hal itu untuk mengantisipasi masalah transportasi pascapuncak haji.

“Tahun sebelumnya jemaah kesulitan dalam hal transportasi. Inilah prinsip keadilan dalam konsep qur’ah, sehingga tahun ini diharapkan tidak ada lagi kesulitan bagi jemaah seperti tahun sebelumnya,” tandas Dirjen PHU yang diulang Musaad.

Untuk itu, jemaah yang berada di dekat Masjidil Haram bisa berjalan kaki dan tidak harus menunggu bus saat akan menyelesaikan tawaf ifadah dan tawaf wada’ menjelang kepulangan. Untuk tahun ini, jarak terdekat pemondokan di Mekah berkisar 900 meter dari Masjidil Haram. Sedangkan jarak terjauh sekitar 4.500 meter dari Masjidil Haram.

Sementara menurut Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis dalam laporannya mengatakan, selaku ketua panitia metode pengundian ini merupakan rangkaian kegiatan penyelenggaraan ibadah haji dan dilakukan untuk penempatan jemaah haji di Mekah.

Dengan hasil pengundian ini, lanjut Ilham, akan segera disosilisasikan kepada jemaah, baik melalui kanwil Kemenag provinsi maupun website Kemenag.

Baca juga :   Pemprov Maluku Akan Buka Pendaftaran CPNS Pada Bulan Juli dan September 2018

“Qur’ah ditetapkan sebagai mekanisme untuk memberikan pelayanan terbaik dan berkeadilan kepada jemaah haji, terutama saat di Mekah. Untuk penempatan di Madinah, akan disesuaikan dengan kedatangan jemaah,” kata Musaad mengutip Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri

Khusus untuk CJH Maluku urai Musaad, bahwa CJH Maluku yang tergabung dalam kloter 10,12 dan 13, setelah berada di Kota Mekkah nantinya akan ditemptkan pada wilayah  Jarwal dan Mahbasjin

Selanjutnya kloter 10 akan berada pada sektor 07, dengan nomor hotel 707-708 pada maktab 35 wilayah Mahbsin.

Sedangkan kloter 11 yang menpati wilayah Jarwal akan berada pada maktab 67 sektor 11 dengan nomor hotel 1106.

Sementara kloter 12 nantinya akan berada pada sektor 11, maktab 69 dengan nomor hotel 1105 pada wilayah Jarwal.

About admin

Check Also

Lasqi Maluku Gelar Festival Lagu-lagu Sahur Oleh : Gali Markalin

AMBON,N25NEWS.COM – Meriahkan bulan suci Ramadhan 1439 H/2018 M Lembaga Seni Qasidah (Lasqi) Provinsi Maluku …