Haumasse,Dusun Siwang Siap Di Mekarkan

AMBON,N25NEWS.com – Kampung Siwang Desa Urimessing Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon saat ini sedang berproses menuju desa definitif.

Hal ini di tegaskan Yan Haumasse saat di wawancarai reporter N25 setelah sosialisasi pemekaran dusun menjadi desa oleh Pemerintah Kota Ambon.

Sosialisasi itu kata  Haumasse di lakukan Bagian Pemerintahan Kota Ambon kepada masyarakat Kampung Siwang 16 Januari 2020 di Kampung Siwang  Negeri Urimessing Kota Ambon.

“Sosialisasi tersebut di hadiri oleh Saniri Negeri Urimessing, tokoh adat, tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Camat, Pejabat Negeri Urimessing, Kepala Kampung Siwang, Ketua RW/RT Se-kampung Siwang dan tamu undangan lainnya,”ujar Haumasse.

Ketua Tim Pemekaran Desa Admistrasi Siwang, Yan Haumasse kepada media ini mengungkapkan, kalau perjuangan untuk menjadikan kampung Siwang sebagai sebuah desa admistrasi tidak lah muda membalik telapak tangan, sebab perjuangan tim ini banyak mendapat tantangan namun pihaknya terus bergerak  dan bekerja dengan keras dan puji Tuhan dirinya sangat bersyukur ketika pada tanggal 9 Januari 2020 dirinya selaku ketua tim pemekaran mendapat undangan untuk rapat bersama dengan Pemerintah Kota Ambon dalam hal ini Bagian Pemerintahan serta Komisi 1 DPRD Kota Ambon guna membahas proses pemekaran Kampung Siwang menjadi desa admistrasi.

“Ssya  Sampai menetas air mata ketika mendapat undangan tersebut sebab perjuangan yang  tim kami  lakukan sudah mendapat titik terang untuk Kampung Siwang di mekarkan menjadi desa admistrasi,” ungkapnya.

Selain itu juga, Haumasse menegaskan selaku Ketua tim pemekaran dirinya tidak mempunyai kepentingan apa-apa, apalagi sampai mau menjadi kepala desa.

Sebab menurutnya yang harus menjadi kepala desa adalah anak-anak adat desa Siwang sendirilah yang punya hak untuk menjadi Kepala Desa, karena ke depannya pihaknya akan membuat peraturan desa tentang kepala desa admistrasi di Desa Siwang harus benar-benar anak adat Urimesing atau Siwang sendiri bukan orang lain.

“Dengan begitu kepala desa bisa berkomunikasi tentang hak-hak adat dengan baik ke Negeri adat Urimessing,”tuturnya.

Peryataan Haumasse ini di sambut dengan tepuk tangan dengan meriah oleh tamu undangan yang hadir.

Mantan Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon ini kembali menjelaskan dengan adanya pemekaran Kampung Siwang menjadi desa otomatis memperpendek rentang kendali ke Kantor Negeri Urimessing yang terletak di Kusu-kusu Sereh.

“Sebab kalau kita melakukan perjalanan ke Kusu- kusu juga memakan biaya yang cukup besar sebab cukup jauh sehingga, perlu mendorong pemekaran Kampung iwang menjadi desa admistrasi dan puji Tuhan kita tim pemekaran di dukung penuh oleh Saniri Negeri,tokoh adat, Tokoh agama , Tokoh pemuda Negeri Urimessing,”jelasnya.

Ke depannya setelah Kampung Siwang telah di mekarkan menjadi desa, Kepala Desa akan membuat terobosan-terobosan baru untuk mensejahterakan masyarakat Desa Siwang yang terdiri dari 2 RW/12 RT.

Dalam kesempatan itu pria asal Negeri Amalohi Kamarian ini juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Negeri Urimessing yang telah membantu warga di Kampung Siwang sehingga saat ini 111 rumah warga bisa menikmati air bersih.

Sementara itu, Kasubag admistrasi kewilayahan pemerintah Kota Ambon Alvian Lewenussa mengatakan Pemerintah Kota Ambon sangat mendukung pemekaran Kampung Siwang menjadi sebuah desa admistrasi namun harus lebih dulu melalui tahapan-tahapan yang ada.

“Alhamdulillah tim pemekaran Desa Siwang sudah  mulai melakukan hal itu,”ungkapnya.

Menurut Lewenussa sebuah pemekaran harus melalui musyawarah desa atau negeri dan dari hasil musyawarah tersebut akan di teruskan ke pemerintah daerah dalam hal ini Walikota Ambon, barulah Walikota Ambon membuat tim kajian yang terdiri dari Pemerintah Kota Ambon, akademisi,DPRD Kota Ambon dan tim pemekaran sendiri,setelah melakukan kajian barulah Walikota membuat peraturan Walikota Ambon tentang pemekaran Kampung Siwang menjadi desa admistrasi.

Kampung Siwang Desa Urimessing Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon saat ini sedang berproses menuju desa definitif.Berita Lengkapnya Klik Disini:http://www.n25news.com/haumassedusun-siwang-siap-di-mekarkan/

Dikirim oleh n25news.COM pada Jumat, 17 Januari 2020

Tambah Lewenussa, setelah Walikota telah membuat perarutaran hasilnya akan di kirim ke Gubernur Maluku untuk menerbitkan kode register desa persiapan.

Namun sebelumnya menuju ke desa admistrasi kata Lewenussa,Biro Pemerintahan Maluku harus membangun komunikasi dengan Kementerian Dalam Negeri untuk hal-hal teknis selanjutnya menuju desa Definitif.

Mantan Pejabat Urimesing ini kembali menambahkan setelah tiga Tahun barulah bisa di usulkan menjadi Desa Admistrasi itu tertera di peraturan daerah nomor 43.

Reporter :Santos W

Editor : Redaksi

Check Also

Maluku Terkonfirmasi Satu Orang Positif Terjangkit  Virus Corona

AMBON,N25NEWS.com – Sekretaris Daerah Maluku (Sekda)Maluku Kasrul Selang  yang juga sebagai Ketua  Gugus Tugas Covid …