Breaking News

Haurissa : Seluruh Warga Kota Ambon Ditargetkan Miliki e-KTP 12 April Mendatang

AMBON,N25NEWS.COM – Seluruh warga Kota Ambon Ditargetkan untuk memiliki e-KTP pada 12 April mendatang. Hal ini disampaikan oleh Pelaksanaan Tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Ambon, Selly Haurissa kepada Media n25news.com, Kamis (28/3/2019).

Menurutnya, 12 April ditargetkan karena warga kota akan mengikuti pemilu pada 17 April mendatang. Dengan begitu, warga kota Ambon dapat menyalurkan haknya pada pemilu.

“Kita kasih batas sampai tanggal 12 april semua yang belum perekamanan kita harapkan sudah terekam sehingga mereka bisa pakai untuk pemilu nanti, kalaupun mereka punya nama ada di DPT tidak apa-apa kalau tidak ada mereka bisa pakai KTP sebagai pemilih tambahan khusus untuk pemilu. seluruh kota ambon harus punya KTP targetnya tanggal 12 ini. ” ungkqpnya.

Untuk memenuhi target tersebut, pihaknya telah melakukan jemput bola untuk perekaman dan pencetakan e-KTP pada setiap Desa/Kelurahan yang ada di kota Ambon. “Su jalan sekarang sudah 15 desa kelurahan. Kita hanya ingin seluruh masyarakat itu dia bisa menyalurkan dia punya hak,” jelasnya.

Ia menambahkan, dengan jalannya program jemput bola di kelurahan, banyak warga yang sudah mempunyai e-KTP karena warga yang datang langsung diproses dan mendapat e-KTPnya
langsung.

“Jadi kita jemput bola ini kan langsung cetak, foto langsung ambil di tempat, tapi dari data yang kita turun itu kebanyakan mereka sudah punya ktp dari data yang belum perekaman misalnya yang kita dapat dari pusat itu sebagai besar sudah punya KTP. kalau sudah punya ktp mereka tidak perlu foto ulang lagi cuma mungkin karena saat itu mereka punya muka saat itu belum muncul mereka sidik jari saja,” tambahnya.

Namun, ia meminta warga kota untuk lebih berpartisipasi dalam program yang dijalankan karena sangat penting bagi warga untuk memperoleh kartu identitasnya. Mengingat e-KTP tak hanya diperlukan untuk pemilihan umum nanti tapi juga untuk keperluan lainnya.

“Nah ini tergantung dari masyarakat mereka respon itdak dengan kita punya pelayanan karena sebelum mendahului itu kita sudah sosialisasi dulu jadi kalau mereka tidak respon
ya kesempatan tidak balik dua kali karena masih banyak masyarakat yang acuh dari sekian banyak itukan kita duduk sampai malam itu mereka kalau tidak datang itu kan, ini kan gratis,” terangnya.

Ia mengungkapkan, masih banyak arga yang kurang merespon terhadap program ini. “Responnya kurang bagus terbukti dari banyak yang masih belum perekaman itu berarti ada masyarakat yang acuh yang tidak peduli atau mungkin karena mereka belum membutuhkan,” ungkapnya.

Selain itu, dengan memiliki e-KTP warga seklaigus membantu Disdukcapil untuk memuktahirkan databse yang dimiliki saat ini.

“Yang pertama sebagai penduduk kota Ambon wajib dia terdaftar sebagai penduduk kota dalam rangka kita pemuktahiran kita punya database juga jadi kita bisa hitung wajib ktp sudah berapa persen yang punya,” tutupnya.

Reporter : Mendy S

Editor : Redaksi

About admin

Check Also

Peringatan HKG-PKK 2019 Provinsi Sumbar Berlangsung Meriah

PADANG,N25NEWS.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat menjadi tuan rumah Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan …