Home / Maluku / Hursepunny : Lokakarya Update Untuk Rencana Kontijensi Gempa Bumi dan Tsunami
Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapan Provinsi Maluku,John Hursepunny

Hursepunny : Lokakarya Update Untuk Rencana Kontijensi Gempa Bumi dan Tsunami

AMBON,N25NEWS.COM-Lokakarya untuk mengupdete bencana gempa bumi dan tsunami  yang terjadi di Provinsi Maluku,maka rencana kontijensi ini merupakan suatu dokumen perencanaan yang disusun secara bersama-sama oleh seluruh Oganisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi teknis terkait.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapan Provinsi Maluku,John Hursepunny kepada awak media saat ditemui dilantai VI Kantor Gubernur Maluku,rabu ( 14/11/2018).

Lebih lanjut Hursepunny mengatakan,”Kita sudah punya rencana kontijensi gempa bumi tsunami yang kita susun tahun 2016 pada saat kita bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyususn rencana kontijensi ini untuk pelaksanaan dabel top eksaside Nasional dan Internasional 2016,”kata Hursepunny.

Rencana kontijensi itu diupdete secara berkala berdasarkan panduan BNPB dua tahun kita melakukan updete.Updete ini bertujuan untuk kita menintenfalisir lagi apa saja kemampuan daerah yang di miliki baik sumber daya manusia (SDM) maupun sumber daya peralatan yang dapat dikerakan sewaktu-waktu ketika keadaan darurat.

“Kita dalam kegiatan ini mengundang seluruh SKPD untuk  melihat kemabali apa saja kebutuhan yang dimiliki masing-masing OPD untuk penanggulangan bencana khususnya gempa dan tsunami.Jadi penaggulangan bencana bukan hanya bagian BPBD saja,tapi itu merupakan kerja sama koordinasi semua unsur,”jelas Hursepunny.

Semua unsure yang dikerakan untuk penaggulangan bencana,baik dari Dinas PUPR,PKP (Pemukiman dan Kawasan Pemukiman ), Dinas Sosial,SAR,dan PMI.Tetapi pada intinya perencanaan kentinjensi ini hanya untuk berjaga-jaga,bisa saja perencanaan yang kita buat akan digunakan kalau memamng terjadi keadaan darurat tapi perencanaan yang kita buat bisa saja tidak digunakan kalau tidak terjadi bencana.

Semua berharap bahwa di daerah ini tidak terjadi gempa bumi tsunami walaupun memang secara geografis dan karakteristik wilayah kita,sangat rentan terhadap kejadian gempa bumi tsunami,tapi yang namnaya perencanaan kontijensi kita tetap buat dengan sewaktu-waktu kalu memang kalau keadaan itu terjadi kita bisa mengarakan semua potensi yang kita miliki.

“Kita punya update untuk kejadian gempa dalam tahun 2017 ada berkisar 1.392 kejadian baik gempa yang terasa maupun gempa yang tidak terasa,sedangkan untuk tahun 2018 kejadian gempa yang terasa dan yang tidak terasa berkisar 1.348 kejadian,”tandas Hursepunny.

Oleh : Aris Wuarbanaran

 

About admin

Check Also

BNN Maluku Musnahkan 7,15 kg Ganja Kering

AMBON,N25NEWS.COM – Badan Narkotika Nasional Provinsi Maluku memusnahkan barang bukti narkoba jenis  ganja kering seberat …