Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon,Afrizal

Imigrasi Ambon Terapkan Sistem SIMKIM Versi 2.0,Guna Tingkatkan Pengawasan Dan Pelayanan

AMBON,N25NEWS.COM-Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon,mulai menerapkan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) Versi 2.0.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon,Afrizal mengatakan,penerapan aplikasi SIMKIM Versi 2.0,dalam rangka menghadapi kopleksitas permasalahan pelayanan publik dan pengawasan pada Kantor Imigrasi,khususnya permohonan paspor.

“Untuk menerapkan SIMKIM Versi 2.0 ini,kita harus melakukan upgrade dari versi 1.0 ke versi 2.0,”kata Afrizal di Ambon belum lama ini.

Dilanjutkan Afrizal,pelayanan permohonan paspor RI dan pengurusan izin tinggal warga negara asing (WNA),untuk sementara mengalami kendala sampai adanya pemberitahuan lebih lanjut.

Namun,Afrizal memastikan pengembalian paspor bagi permohonan yang telah melakukan proses sebelumnya (pada versi 1.0),tetap bisa dilayani.

“Imigrasi meminta maaf atas ketidakyamanan ini,karena harus mengupdate dengan SIMKIM Versi 2.0.Tapi,tidak dalam waktu yang lama,mungkin haya 2 sampai 3hari kerja,”jelas dia.

Disampaikannya,penggunaan aplikasi SIMKIM Versi 2.0,khususnya pada aplikasi penerbitan surat Perjalanan Republik Indonesia (SPRI),telah menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK).Sebagai data awal yang bersifat unik dalam pembuatan paspor,serta telah terkoneksi dengan Pusat Data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pusat.

“NIK yang merupakan single identity number digunakan untuk mengambil identitas pemohon paspor,”tandas Afrizal.

Hal ini membutuhkan persamaan persepsi antara instansi terkait mengenai penggunaan identitas tersebut sebagai data awal pembuatan paspor.

Redaksi      : Aris Wuarbanaran

Editor        : Redaksi

About admin

Check Also

Walikota Ambon, Canangkan Gerakan Lorong Kebun Beta

AMBON,N25NESW.COM -Walikota Ambon, Richard Louhenapessy secara resmi mencanangkan Gerakan lorong Kebun Beta, yang diprakarsai oleh …

×

N25NEWS.com