Indag Maluku Jamin Stok Pangan Aman Selama Corona Dan Satgas Pangan Pantau Pembelian

AMBON,N25NEWS.com-Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku,Elvis Pattiselano,mengatakan stok pangan saat ini masih aman serta semuanya dalam keadaan normal,hanya saja ada sedikit kenaikan harga pada komoditi gula dan bawang putih.

“Tadi saya pantau di gerai modern semua masih normal dan tidak ada gejolak,”kata Pattiselano kepada awak media di Kantor Gubernur belum lama ini.

Menurut Pattiselano,pihaknya hanya sedikit masalah pada harga gula dan bawang putih,dimana secara nasional harga gula 18 sampai 19 ribu,namun harga kedua komoditi tersebut terbayar lunas dengan masuknya beberapa stoknya.

“Kemarin stok kita yang masuk kurang lebih ada 300 ton di Kota Ambon dan di seluruh kabupaten/kota.Jadi stok masuk ini sudah cukup sampai akhir bulan nanti,”jelasnya.

Sementara itu,terkait dengan flutuasi harga,Pattiselano menandaskan,hal tersebut tergantung dari ketersediaan stoknya.Selain itu kata dia,flutuasi garga ini bergejolak jika dari sentra produksi (Surabaya) putus hubungan dan tidak ada sama sekali transportasi hingga menyebabkan terjadi kelangkaan.Namun hal itu tidak terjadi bahkan skejul kapal dari sentra produksi lancar seperti biasa.Dan juga pemerintah tidak memberlakukan lockdauwn.

“Kami juga ingatkan masyarakat agar jangan panik,kemudian dan jangan membeli kebutuhan dalam jumlah yang besar,sebab itu akan membuat kebutuhan pokok melonjak ,”ujar Pattiselano.

Adapun,Pattiselano menandaskan Satgas Pangan akan menindak pihak-pihak yang melakukan penimbunan dan permainan harga sehingga mengakibatkan situasi tak kondusif.

“Kita tetap pantau dengan teman-meman dari Satgas Pangan dan dari Ditkrimsus Polda Maluku.Jadi saya berharap masyarakat jangan belanja dalam jumlah besar dan tidak usah melakukan penimbunan sebab hal itu akan membuat masyarakat berurusan dengan pihak berwajib,”tandas Pattiselano.

Editor : Aris Wuarbanaran

Check Also

Pegadaian Akan Luncurkan “Gadai Peduli” Dengan Bunga Nol Persen

AMBON,N25NEWS.com -Ditengah kcsulitan ekonomi masyarakat akibat pandeme Covid-19. Perusahan plat merah PT Pegadaian (Persero) yang …