Kepala Dinas Perindusterian dan Perdagangan Provinsi Maluku Elvis Pattiselano

Indag Maluku Pastikan Harga Bawang Putih Akan Stabil Pekan ini

AMBON,N25NEWS.COM –  Harga bawang putih di pastikan akan stabil dalam pekan ini,hal ini seiring dengn masuknya bawang putih import 30 ton dalam 2 kontener,hal ini di sampaikan Kepala Dinas Perindusterian dan Perdagangan Provinsi Maluku Elvis Pattiselano di selah-selah pembukaan  pasar murah jelang hari raya Waisak selasa (14/05/2019).

Mahalnya Bawang putih yang dua bulan terakhir ini menjadi fenomena Nasional itu, kata Pattiselano,di akibatkan terbatasnya stok hal ini karena komoditi tersebut tidak bisa tumbuh di sebarang wilayah dan hanya tanam di wilayah-wilayah tertentu saja ditambah kwalitas tanah juga harus sesuai dengan karakteristik bawang putih tersebut.

“Memang bulan kemarin benar-benar stok kosong sehingga Pemerintah memutuskan dengan rekomendasi Kementerian Pertanian maka Kementerian Perdagangan mengeluarkan ijin import 115 ribu ton bawang putih dengan memberikan ijin kepada 15 importir,”ujar Kadis Indag Maluku ini.

Sehingga Maluku sendiri kata Pattiselano,kebetulan dia berada di Kementerian dan  di fasilitasi bertemu dengan Importir yang  berkantor di Surabaya yang kebetulan selesai rapat dengan Kementerian Perdagangan,untuk itu,hari itu juga pihaknya berkoordinasi dengan  CV.Lima Satu Ambon supaya bisa memasok bawang putih dalam jumlah yang besar.

“Kenapa saya menunjuk CV.Lima Satu karena kemampuan pedagang hanya bisa pasok 5 sampai 6 ton saja sehingga saya menghubungi CV.Lima Satu supaya bisa pasok 30 Ton sehingga kami pastikan dalam minggu ini sudah masuk,”kata Pattiselano.

Kalau bawang putih import itu masuk tambah Pattiselano, akan dilepas kepada pedagang dan pedagang bisa menjual maksimal 35 ribu dan hal ini sudah melalui perhitungan dan itu berlaku bagi kita di sini,kalau di pulau Jawa itu 32 ribu,karena kita jauh dari sentra distribusi di pulau jawa sehingga kita menghitung kotor dan susut bawang tersebut sehingga pas di jual 35 ribu.

Sehingga masyarakat di harapkan bersabar menunggu sampai bawang putih import masuk dan harga bawa putih di Maluku akan segera stabil kembali dan buat masyarakat yang saat ini lagi menjalani ibadah  puasa akan kembali tenang.

Editor :Redaksi

 

About admin

Check Also

Pasca Gempa Harga Bahan Pokok Di Pasar Ambon Stabil

AMBON,25NEWS.com-Pasca gempa bumi di Ambon 6,8 magnitudo tidak berpengaru pada harga kebutuhan pokok di beberapa …

×

N25NEWS.com