Jadikan Pulau Hatta Tujuan Wisata,Naira Dave Siapkan Sumber Daya Masyarakat

BANDA,N25NEWS.com – Ketua Naira Dive Cesar Reupassa mengatakan ia bersama teman-temannya,akan menyiapkan sumber daya masyarakat,untuk bagaiman memupuk kesasadaran warga di Banda,terutama di Pulau Hatta yang merupakan pulau wisata dan banyak di kunjungi wisatawan itu,bisa terhindar dari bahaya sampah.

“Untuk itu,kami bersama dengan Gerakan Sayang Maluku (GSM),kemarin tanggal 22 februari 2020 lalu membawa sekitar 60 orang dari Ambon untuk melakukan pembersihan bersama masyarakat di Pulau Hatta,”kata Reupassa kepada N25NEWS.com,belum lama ini.

Adapun,kegiatan di Pulau Hatta tersebut Naira Dave dan GSM tidak hanya melakukan pembersihan pantai saja,namun kedua komunitas ini juga melakukan aksi peduli mengajar pada beberapa sekolah di Pulau nan indah tersebut.

“Sumber daya masyarakat di Pulau Hata harus siap,sebab kalua kita berbicara tentang dunia persaingan maka sudah barang tentu kita juga harus siap dari segi pendidikannya,”jelas Reupassa.

Oleh karena itu kata dia,kesiapan tersebut harus dilakukan dari tingkat sekolah dasar.Dalam hal ini para siswa-siswi di Pulau Hatta harus siap.Jadi Naira Dive sangat mengsuport apa yang di lakukan oleh Gerakan Sayang Maluku di bawa pimpinan Yani Salampessy.

Lebih lanjut,dikatakannya,kedepan karena masyarakat di Pulau Hatta lebih banyak tertarik dengan pariwisata,jadi Naira Dive akan bekerjasama dengan Gerakan Sayang Maluku,bulan depan akan ada dua sampai lima mahasiswa atau tim pengajar untuk melakukan kegiatan belajar mengajar di Pulau Hatta secara berkelanjutan.

Jadi mereka mendidik anak-anak dengan sistem silabus atau cara-cara pembelajaran yang benar di setiap dua minggu sekal.i Tim mengajar akan datang ke Pulau Hatta dan akan terus tim-tim lain yang silih berganti.

“Selain itu,teman-teman GSM dengan tim pengajar akan terus memberikan pelajaran yang belum ada seperti bahasa Inggris,sehingga pendidikan Bahsa Inggris akan terus dibina di Pulau Hatta.Dengan terlaksananya program-program tersebut,maka otomatis akan meningkatkan mutu pendidikan didaerah tersebut dan itu merupakan tanggung jawab kami,”ujarnya.

Itu artinya Naira Dive hadir di Pulau Hatta bukan saja sebagai pemakai pulau tersebut,tetapi bagaimana bersama masyarakat memines pulau itu,sehingga bisa bermanfaat untuk meningkatkan kujungan wisatawan ke pulau yang eksotis tersebut.

“Kalau kita berbicara tentang sustainable tourism dan tentang pariwisata berkelanjutan maka kunci yang paling penting adalah pada mental masyarakat.Tekad publik dan pengetahuan akan bagaimana menjaga lingkungan sehingga bersih,”tandasnya.

Pada akhirnya,Cesar berharap akan terus melakukan koordinasi dengan semua stekholder dan Gerakan Sayang Maluku,Amboina Ukulele Kids Community dan melihat objek-objek yang lain untuk di kembangkan sehingga masyarakat tidak tergantung pada hasil laut saja,namun dibentuknya Hatta Islands Ukulele,oleh pihaknya.

Editor : Aris Wuarbanaran

Check Also

Garuda Buka Rute Ambon-Denpasar

AMBON,25NEWS.com-Garuda Indonesia membuka rute penerbangan langsung Ambon-Denpasar dengan menggunakan pesawat Bombardier CRJ1000 NextGen dengan kapasitas …