Jalan Santai Warnai Hari Aids Sedunia Di Maluku.

AMBON,N25NEWS.com-Kegiatan jalan santai mewarnai Hari Aids Sedunia di Provinsi Maluku,dimana acara tersebut berlangsung di Pattimura Park,Kota Ambon,sabtu (30/11/2019).

Kegiatan tersebut diikuti mahasiswa,pejabat pemerintah lingkup kota Ambon dan provinsi Maluku,serta ibu-ibu Bhayangkari dan Persit Kartika Chandra Kirana,AMGPM,serta unsur lainnya yang berjumlah kurang lebih 200 orang.

Adapun,rute yang dilalui antara lain jalan Slamet Riyadi,Pattimura,A.Yani,Jan Paays,Sultan Hairun dan finis di Pattimura Park.

Dalam kegiatan tersebut akan diserahkan piala dan hadia bagi para pemenag dalam rangka menyambut Hari Aids Sedunia.
Selain itu,kegiatan ini turut dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku,Widya Pratiwi Murad Ismail.

Sementara itu,Gubernur Maluku Murad Ismail dalam sambutannya yang dibacakan oleh Pejabat Sekada Maluku,Kasrul Selang menyampaikan,berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI,pada triwulan IV tahun 2017 Maluku menempati urutan kesepuluh (10) di Indonesia dalam kasua Aids tertinggi per 100.000 penduduk (Aids Case Rate) dengan Case Rate 35,25 per 100.000 penduduk.

Baca juga :   Tiga Pasien Asal MBD Yang Terkonfirmasi Posetif Corona Diduga Tertular Di Kapal

Untuk itu,selaku kepala daerah di provinsi raja-raja ini,dirinya (Murad Ismail) mengajak semua lapisan masyarakat guna meraih sukses Triple Eliminasi HIV-Aids,yaitu tidak ada lagi infeksi baru HIV,-tidak ada lagi kematian karena HIV-Aids,tidak ada lagi stigma dan diskrimimasi terhadap ODHA (orang dengan HIV-Aids).

“Cita-cita untuk mencapai tiga zero pada tahun 2030 tidak dapat tercapai tanpa dukungan lintas program dan lintas instansi serta masyarakat,”ungkap Gubernur.

Menurut Gubernur,keseksesan dapat dengan dukungan akses dan layanan kesehatan berkualitas tinggi,upaya pencegahan dan dukungan serta tanpa adanya stigma dan diskriminasi.
Selain itu,pelaksanaan program penanggulangan HIV-Aids perlu diperkuat dengan membentuk tim/sekretariat penanggulangan di kabupaten/kota.

“Mari kita menetapkan niat dan tekad untuk bekerjasama menyelamatkan masyarakat Maluku,generasi muda,ibu-ibu rumah tangga dan anak-anak dari ancaman epidemi HIV-AIDS,”tandas Gubernur.

Reporter : Aris Wuarbanaran
Editor : Redaksi

Check Also

Warga Temukan Mayat  Di Perairan Teluk Ambon

AMBON,N25NEWS.com-Warga Air Salobar (Tapal Kuda) tepatnya tempat permandian belakang Baeleo Emas Putih dihebohkan sesosok mayat …