Home / Kab Aru / Jamin Kesehatan Masyarakat Pemda Aru Jalin Kerjasama Dengan BPJS Kesehatan

Jamin Kesehatan Masyarakat Pemda Aru Jalin Kerjasama Dengan BPJS Kesehatan

AMBON,N25NEWS.COM-Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Ambon mengadakan kerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Aru,yang mana kerjasama antar kedua belah pihak ini sebagai salah satu wujud nyata sinergitas dalam penyelenggaraan program BPJS Kesehatan tersebut.

Hal ini dikatakan Bupati Kabupaten Kepulauan Aru Johan Gonga kepada awak media pada acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Universal Health Coverage (UHC) di Hotel Wayame,kamis (6/12/2018).

Lebih lanjut Gonga mengatakan bahwa,”Upaya menjamin pelayanan kesehatan kepada masyarakat Pemda Kabupaten Kepulauan Aru berkomitmen untuk menerapkan Universal Health Coverage (UHC),maka diharapakan penduduk Kabupaten Kepulauan Aru mendapatkan pelayanan kesehatan yang adil dan bermutu dan perlindungan financial untuk warga yang gunakan pelayanan kesehatan,”katanya.

Penandatanganan kerjasama Pemda Aru dan BPJS Kesehatan Cabang Ambon yang telah mencapai UHC 2018 dengan capaian jumlah kepesertaan sebesar 96 persen dan juga akan lagi penambahan yang klaim sebayak 2000 peserta dengan 30 faskes (pelayanan primer) yang tersebar dengan 1 puskesmas membawahi beberapa desa.

”Jadi misalkan Puskesmas Jerowatu yang ada desa binaannya, kalau ada dua desa maka dua desa tersebut yang harus berobat ke puskesmas Jerowatu,begitupun juga dengan puskesmas Benjina ada 7 desa yang harus berobat ke puskesmas Benjina,”jelas Gonga.

Pelaksanaan program ini dijalankan tetapi sementara itu tetap Pemda Kabupaten Kepulauan Aru akan terus  mengadakan monitoring,kemudian dievaluasi sejauh mana kendala-kendalanya dimana,sebab ada desa yang mempunyai KTU tetapi berobatnya di desa yang cukup jauh yang mana daerah Aru adalah sebagian besar merupakan perairan maka masyarakat butuh biaya besar untuk pengobatan.

“Saya mengapresiasi BPJS Kesehatan yang mana telah bersinergi dengan Pemda Kabupaten Kepulauan Aru dalam upaya perbaikan kualitas pelayanan agar seluruh masyarakat di Aru dapat terlayani dengan baik,”tandas Gonga.

Penulis : Aris Wuarbanaran

About admin

Check Also

Programkan Kampung KB, Dinas PPAPP&KB Temui Kendala Stanting Di 10 Desa

PIRU,N25NEWS.COM – Pembentukan kampung KB untuk Kabupten Seram Bagian Barat sejak Tahun 2016 hingga saat …