Home / Kesehatan / Jangan Remehkan, Kenali Gejala Maag Sejak Dini

Jangan Remehkan, Kenali Gejala Maag Sejak Dini

AMBON,N25NEWS.COM – Familiarnya penyakit Maag kini terdengar ke telinga siapa saja. Penyakit ini menjadi salah satu keluhan paling umum yang diderita banyak orang. Walau terkesan umum, penyakit ini jangan diremehkan.

Menurut Dr. dr. Yusuf huningkor, Sp.PD yang adalah Dokter Spesialis pada Rumah Sakit M. Haulussy Ambon, Rabu (01/08/18) dirinya mengungkapan Maag merupakan gejala penyakit yang menyerang lambung akibat luka atau peradangan, sehingga menyebabkan rasa mulas dan perih di perut.

“Maag biasanya menyerang bagian dalam lapisan perut atau usus kecil. Maag terjadi saat lapisan tebal lendir yang melindungi perut dari cairan pencernaan semakin berkurang. Hal ini dapat memungkinkan asam pencernaan seperti memakan jaringan selaput lambung,” katanya di kota Ambon.

Dijelaskannya beberapa hal umum penyebab sakit maag di antaranya merokok, minuman beralkohol,
mengonsumsi makanan pedas, mengonsumsi obat penghilang rasa sakit secara teratur, makan tidak teratur, stres, serta pola tidur tidak teratur.

“Untuk mencegah terserang maag, tentu saja Anda harus menghindari faktor pemicu tersebut,” ungkapnya.

Terhadap gejala yang menjadi pertanda seseorang mengidap maag patutnya kita mengetahui apa saja yang menjadi masalah di antaranya rasa sakit perut yang membakar dan  menggerogoti di bagian tengah perut bagian atas dan hanya lega dengan makan atau minum antasida, nyeri perut yang meningkat segera setelah makan, sering bersendawa atau kembung serta Mual

Jika ciri-ciri penyakit maag tersebut dialami, segera periksakan diri ke dokter.

“Dokter akan menanyakan riwayat keluhan kita, dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang seperti endoskopi, untuk mengetahui tingkat keparahan maag yang diderita,” lanjutnya

Hingga sebelum mengalami penyakit maag, ada baiknya untuk melakukan pencegahan penyakit maag sedini mungkin.

Beberapa cara yang kemudian bisa dilakukan dengan mengubah pola hidup, antara lain dengan menghindari konsumsi makanan pedas, dan makanan penyebab sakit maag lain.

Termasuk menghindari makanan tinggi lemak, makanan yang pedas, dan makanan yang asam.

Selanjutnya, kita perlu menghidari konsumsi minuman tertentu, seperti minuman bersoda, minuman berkafein seperti kopi dan teh, serta minuman beralkohol, karena dapat mengiritasi lambung.

Selain itu tak kalah penting adalah berhenti merokok. Karena diketahui lebih berisiko terkena sakit maag dibandingkan mereka yang tidak merokok.

Ciri-ciri penyakit ini perlu dikenali agar dapat dilakukan penanganan yang tepat. Sebab, jika tidak ditangani dengan baik, penyakit maag dapat membahayakan kesehatan.

(Amy Latuny)

About admin

Check Also

Peringati Hari Kesehatan Nasional Ke-54 Bpom Ambon Lakukan Rangkaian Kegiatan Kie

AMBON,N25NEWS.COM – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 November, pada …