Jelang Festival Pesona Meti Kei,Kreatif Evav Sibuk Persiapan Diri

MALRA,N25NEWS.com – Komunitas pecinta musik dan budaya Evav/Kei kreatif saat ini mulai banyak melakukan berbagai persiapan menjelang salah satu event  besar yaitu Acara Festival Pesona Meti Kei yang akan di gelar pada bulan Oktober 2019.

Komunitas – komunitas tarian, nyanyian, musik mulai terlihat dibeberapa lokasi dalam persiapan mengsisi sejumlah acara di objek – objek wisata yang menjadi agenda dari pemerintah daerah untuk mempromosikan objek wisata kepulauan Kei ke dunia.

Sebut saja Komunitas Evav Kreatif pecinta musik dan budaya daerah telah dibentuk pada tahun 2016.

Komunitas pemuda yang tergabung dalam Evav Kreatif mereka adalah mahasiswa yang baru menyelesaikan pendidikan dari berbagai daerah di indonesia untuk mendedikasikan hidup mereka untuk tanah tercinta Evav/Kei.

Hal ini di sampaikan Joe E Kadmaer Saat di temui di Tual kamis (26/9/2019).

Menurut Kadmaer,komunitas Evav Kreatif telah memberikan karya mereka melalui musik dan goyang Meti Kei pada tahun 2016 sampai saat ini masih terus dibudayakan.

Selaku pencipta musik Meti Kei, Joe mengatakan dari terciptanya musik tersebut dilakukan dalam keadaan emergensi untuk mengisi acara pada kegiatan akbar Meti Kei yang berlangsung pada bulan oktober 2016 lalu.

“Musik yang diciptakan melalui tulisan dan lirik merupakan kombinasi musik tradisional daerah Evav diselingi dengan musik modern raper dan dangdut agar terdengar bagus oleh pendengar dan pecinta musik,”akuinya.

Selain itu katanya, musik yang diciptakan belum sempurna karena dikejar oleh waktu dalam mengisi acara di kegiatan festival Pesona Meti Kei 2017 lalu.

“Ini merupakan inisiatif sendiri dari komunitas Evav Kreatif tanpa dibantu oleh pemerintah daerah maupun pihak swasta dan dengan rahmat Tuhan goyangan Meti Kei bisa terlaksana dengan baik,”Kenang Kadmaer.

Terkait dengan polemik goyangan Meti Kei yang sudah menjadi viral dikalangan masyarakat disebabkan dengan perbedaan gaya pada goyangan Meti Kei jilid satu dan dua membuat banyak pertanyaan dikalangan masyarakat
terkait dengan persoalan tersebut.

Baca juga :   BKKBN Maluku Gelar Pelayanan KB Mobile Di Desa Danar Kabupaten Malra

Neo Efruan selaku pencipta gaya goyangan Meti Kei angkat bicara agar meredam situasi polimik yang saat ini viral diperbincangkan dikalangan masyarakat.

” Goyangan Meti Kei jilid satu dan dua digabungkan pada goyangan Meti Kei jilid tiga agar masyarakat secara umum dapat belajar dengan baik dan benar,”ungkap Neo.

Kerena menurut Neo yang paling lama untuk mempelajari goyangan Meti Kei jilid satu dan dua diantaranya masyarakat diusia 30 tahun keatas maka langkah yang tepat dibuat agar masyarakat dapat berlatih dengan benar maka diciptakannya goyangan Meti Kei tersebut secara bertahap.

“Terkait dengan goyangan Meti Kei jilid tiga itu adalah hasil gabungan dari goyangan Meti Kei jilid satu dan dua, goyangan Meti Kei merupakan kaloborasi dari bermacam – macam tarian Kei yang diwujudkan dengan gaya modern agar terlihat sedikit elegan dikanca publik.

Untuk itu jelasnya, Tarian Meti Kei  di ambil dari tarian terik, tarian kipas dan tarian panah dikalaborasi menjadi satu.

lebih lanjut Efruan, mengatakan bahwa saat ini banyak pemuda keatif yang mau mengabdikan diri mereka untuk membangun daerah
olehnya itu Efruan menyampaikan bahwa pemuda Kreatif Evav akan memberikan yang terbaik untuk daerah bukan daerah memberikan apa yang terbaik untuk komunitasnya.

Dia berharap agar kekisruan yang terjadi dikalangan masyarakat terkait dengan goyang meti kei kiranya jang salah ditafsirkan menjadi sesuatu yang lelucon tetapi sesungguhnya komunitas Evav Kreatif selaku pencipta musik dan goyang Meti Kei mencari jati diri yang sesungguhnya untuk menyempurnakan goyangan Meti Kei tersebut pada goyangan  jilid tiga.

Tak lupa dirinya mengucapkannya terima kasih atas dukungan masyarakat kepada komunitas Kreatif Evav agar terus memberikan kontribusinya melalui bakat dan seni untuk kemajuan daerah evav/kei kedepan.

Reporter :Pae Rahakbauw

Editor : Redaksi

About admin

Check Also

Pansus Tatib DPRD Malra Telah Di Bentuk

MALRA,N25NEWS.com – Melalui Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Maluku Tenggara Pembentukan Pansus Tata Tertib ( TATIB …

×

N25NEWS.com