Home / Ekonomi / Jelang Lebaran, Dishub Maluku Rancang Mudik Gratis

Jelang Lebaran, Dishub Maluku Rancang Mudik Gratis

AMBON,N25NEWS.COM – Menjelang Lebaran Idul Fitri 1439 H/2018, Dinas Perhubungan Provinsi Maluku bakal merancangkan mudik gratis bagi masyarakat Maluku yang memeluk agama Islam.

Sama halnya dengan hari Raya umat Kristiani, Natal Hari Raya umat Muslim,  Lebaran juga harus direncanakan dengan baik, ucap Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Frans Papilaya, Senin (28/05/18) di Kota Ambon.

Menurut Papilaya, seperti halnya di  Pulau Jawa, Pemerintah telah membuat rancangan mudik yang di siapkan jauh -jauh hari. Namun, untuk Maluku tidak ada kegiatan  perencanaan mudik sehingga untuk pertama kalinya pihaknya akan membuat perencanaan serta diumumkan agar masyarakat mengetahuinya.

Untuk itu, di rencanakan pada tanggal 04 Juni 2018 mendatang mudik gratis akan diumumkan, baik jenis kapalnya, waktu keberangkatan serta rute haluan nya.

Selain itu, terkait dengan pengamanan ini Dinas Perhubungan tidak punya kewenangan untuk itu. Namun pihaknya tetap mengkoordinasikan hal tersebut.

“Kami dan pihak ASDP mengadakan rapat internal. Untuk itu hasilnya tidak ada proses jual tiket di Pelabuhan, PT.Pelni juga akan mengumumkan kepada masyarakat bahwa tiket yang mau dibeli itu di Kantor PT.Pelni bukan di Pelabuhan,” pungkas Papilaya.

“Kami telah berkoodinasi dengan pihak keamanan untuk memperketat pengamanan di pelabuhan, barang siapa yang tidak mempunyai tiket tidak diperbolekan  masuk, yang sudah keluar pun tidak boleh masuk lagi, dan yang mengantar tidak boleh masuk. hal ini dilakukan agar masyarakat tertib, serta teratur dan keamanan terjamin,” tegas Papilaya menutup.

About admin

Check Also

Pemprov Maluku Dapat Jatah 302 Orang Dalam Penerimaan CPNS 2018

AMBON,N25NEWS.COM – Pembukaan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara nasional sudah mulai dilakukan tanggal …