Jelang Perayaan HUT,BPOM Ambon Gelar Lomba Rangking Satu Keamanan Pangan Kantin Sekolah

AMBON,N25NEWS.com-Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Ambon,menyelenggarakan Lomba Rengking Satu Keamanan Pangan Kantin Sekolah,bagi anak-anak Sekolah Dasar (SD) sebanyak 34 sekolah di Kota Ambon.

Hal ini disampaikan Kepala Balai POM Ambon,Hariani kepada N25NEWS.com di ruang kerjanya Kantor Balai POM di kawasan Kelurahan Kudamati Ambon,selasa (04/02/20).

Lebih lanjut,Hariani mengatakan,lomba rangking satu ini,merupakan kelanjutan dari pada kegiatan Bimtek Pangan Jajanan Anak Sekolah di 200 sekolah di Kota Ambon dan program Piagam Bintang Keamanan Kantin Sekolah untuk 40 sekolah yang terpilih.

“Jadi lomba rengking satu ini adalah perwakilan siswa-siswi yang merupakan tim junior dari tim keamanan pangan di sekolah yang telah dibentuk pada ke 40 sekolah tersebut,”kata Hariani.

Dijelaskan,pihaknya telah mengundang 34 sekolah,sebab 6 sekolah dari 40 itu,merupakan no SD,yakni SMP,SMA dan SMK,namun dari 34 sekolah yang di undang,hanya 16 sekolah yang hadir,maka total peserta yang hadir ada 48 orang.

Selain itu,ada 2 orang sisiwa peserta dan 1 orang guru pendamping,dimana kedua orang siswa ini merupakan tim junior keamanan pangan sekolah yang akan pihak BPOM pantau pemahamannya terhadap kemanan pangan sekolahnya masing-masing.

“Kegiatan diatas hasilnya akan di evaluasi dan nantinya kita akan jadikan acuan untuk kegiatan Bimtek Kader Cilik keamanan pangan sekolah,sehingga anak-anak ini kita latih dari tim junior,sebagai kader kita di sekolah untuk membantu keamanan pangan kantin sekolah,”jelas Hariani.

Sementara itu, rangkaian HUT Badan POM,selain lomba rengking satu dan kunjungan ke laboratorium pada hari ini (4/02).Kemudian akan dilanjutkan dengan lomba mewarnai dan menggambar dengan tema “Keamanan Pangan”pada tanggal 8 Februari 2020,serta launching PTSP yang ditempatkan di farmer untuk lebih dekat melayani masyarakat.

Adapun,pada HUT BPOM yang ke 19 ini,akan diberikan BPOM Award kepada instansi yang telah membantu dan juga bersinergi dalam rangka pengawasan obat dan makanan di Maluku dan bukan hanya itu namun ada beberapa kegiatan lainnya seperti kegiatan sosial yakni donor darah,pemeriksaan kesehatan gratis dan lomba senam bagi masyarakat.

“Untuk itu,kepada stekholder kami menyampaikan apresiasi karena telah bersinergi dengan BPOM dalam pengawasan,sedangkan bagi masyarakat kita akan tetap memberdayakan,tentang bagaimana cek kemasan,cek lebel,cek informasi kadalwarsa,dimana pada intinya kita ingin,mencerdaskan masyarakat dalam memilih prodak sebelum di kainsumsi,”tandas Hariani.

Editorb: Aris Wuarbanaran

Check Also

Tingkatkan Pelayanan Publik, BPOM Ambon Hadirkan Inovasi Unggulan PTSP Dan UMKM Jumping

AMBON,N25NEWS.com- Dalam rangka peningkatan pelayanan publik, mulai tanggal 31 Januari 2020 atau bertepatan dengan HUT …