Breaking News

K.H Yahya Cholil : Cara Orang Maluku Menyelesaikan Konflik Boleh Dikata Ajaib

AMBON,N25NEWS.COM-Cara orang Maluku menyelesaikan konflik sungguh ajaib,maka kunjungan yang luar biasa ini untuk mendengar langsung masukan-masukan,pendapat-pendapat yang sifatnya strategis serta penting artinya untuk negara dan pasti akan menjadi masukan yang sangat berharga bagi pemerintah.

Hal ini dikatakan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden,K.H Yahya Cholil Staqus kepada awak media di Kantor Gubernur Maluku,kamis (10/1/2019).

Lebih lanjut Cholil mengatakan,”Datang disini melihat keadaan masyarakat Maluku ini sangat membesarkan hati,bahwa saya kira kita punya harapan besar bagi masa depan yang jauh makin baik khususnya untuk masyarakat,apabila tadi gagasan,ide yang sudah disampaikan oleh para tokoh yang hadir dalam pertemuan tadi bisa dijadikan pertimbangan dan diakomodasi oleh pemerintah pusat,” kata Cholil.

Sementara itu terkait dengan situasi keamanan menjelang pemilu,masyarakat Maluku sudah membuktikan bahwa kekuatiran sebagian orang tentang stabilitas keamanan di Maluku ini tidak terbukti.Masyarakat Maluku sungguh punya kohesifitas yang sangat kuat karena budaya toleransi yang asli dan sudah tumbuh sejak lama disini.

“Kalau kita lihat apa yang audah terjadi di Maluku dan kita bandingkan dengan berbagai masyarakat di tempat lain yang mengalami konflik kurang lebih sama maka, cara masyarakat Maluku menyelesaikan konflik ini  boleh dikata ajaib dan sulit sekali ditemukan didalam masyarakat yang lain,oleh karena itu ini merupakan sesuatu yang sangat berharga,”jelas Cholil yang juga merupakan pejabat negara RI 76

Toleransi yang begitu ajaib ini sangat berharga bukan saja bagi bangsa Indonesia saja,tetapi masyarakat Internasional  perlu dan harus belajar dari masyarakat Maluku khususnya dalam konteks dinamika Intwrnasional saat ini yang memang penuh dengan berbagai macam antagonisme dan konflik seperti di Timur Tengah,Afrika,bahkan di Eropa dan Amerika sendiri.

“Ini sangat luar biasa dan masyarakat Maluku sudah menyediakan pelajaran yang kalau dunia mahu terima,mahu belajar dari contoh yang dihadirkan oleh masyarakat Maluku ini akan sangat menolong bagi keadaan yang sekarang dihadapi,”tandas Cholil.

Penulis : Aris Wuarbanaran

Editor   : Redaksi

About admin

Check Also

Pembangunan Kawasan Perdesaan Di Maluku,Perlu Peran Aktif Pemerintah Desa

AMBON,N25NEWS.COM-Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa,setidaknya ada 3 spirit utama dalam UU ini,yaitu penguatan …