Kadis DKP, Bagikan Ikan Gratis Kepada Masyarakat Terdampak Covid-

AMBON,N25NEWS.com – Menjelang datangnya Hari Raya Idul Fitri bagi Umat Muslim di Maluku, kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku, Abdul Haris yang didampingi oleh Kabid Perikanan Budidaya Pengolaan dan Pemasaran Hasil Perikanan DKP Provinsi Maluku, Roy Iwamony, membagikan ikan secara gratis untuk masyarakat yang terdampak Covid-19, khususnya masyarakat Muslim yang akan merayakan Idul Fitri yang di terima secara lansung oleh Lurah Nusaniwe Syane Kaya di Kantor kelurahan Airsalobar, Kelurahan Nusaniwe kota Ambon jumat 22 Mei 2020.

Usai bagikan ikan secara gratis, Abdul Haris kepada wartawan menjelaskan bahwa,Hari ini (22/05)” Kami dari DKP Provinsi Maluku, melakukan kegiatan pembagian ikan secara gratis kepada masyarakat yang terdampak Covid-19,”Haris.

Seperti diketahui lanjut Kadis Perikanan dan Kelautan Maluku ini, Covid-19  berdampak kepada masyarakat di Maluku dan karena bertepatan dengan Hari Besar umat Islam, maka biasanya pihaknya dari DKP Provinsi Maluku, melakukan kegiatan pasar murah dan pasar murah ini ikan yang dibagikan.

”Kami beli dari Nelayan dan juga dari pembudidaya agar ikan-ikan yang telah ditangkap dan dibudidaya tersebut dapat terjual dan mereka bisa mendapatkan penghasilan dari kegiatan itu,”jelas Haris.

Jadi ikan yang dibeli Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Maluku Ini kata Abdul Haris,kemudian dijual kembali kepada masyarakat pada saat menjelang hari Raya diantaranya Idul Fitri, kemudian Natal dan Tahun Baru.

“Akan tetapi untuk tahun ini karena kita dalam situasi Pandemik Covid-19, makanya  tidak mungkin kita melakukan pasar murah tersebut, jadi ikan-ikan yang tadinya biasa kami jual untuk kali ini kita bagikan secara gratis, kepada masyarakat,” jelas Haris.

Semoga dengan kegiatan kata Haris, dapat membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 dan sekaligus juga agar dapat merayakan Idul Fitri dengan ketersediaan makanan yang baik, terutama ikan, karena disaat pandemik Covid-19 ini, kita butuh makan ikan yang banyak agar tubuh kita menjadi sehat.
Karena fungsi ikan adalah untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Baca juga :   IPOJK Serahkan Bansos 2,1 Ton Beras dan APD Ke Pemprov Maluku

“Kita bagikan ikan-ikan ini ada tiga lokasi yakni pertama di Kecamatan Nusaniwe dan untuk kecamatan Nusaniwe ini lokasinya kita ambil, di pohon mangga kelurahan Nusaniwe dan satu lagi di Kecamatan Sirimau, kita ambil dikelurahan Waihaong karena mereka juga terdampak dan kita tahu ada sedikit informasi bahwa warga disekitar juga ada yang terkena dampak Covid-19 sehingga aktifitas masyarakat sedikit terganggu dan ini perlu diperhatikan juga.
Satu lagi di Kecamatan Baguala lokasinya di Taeno Kelurahan Tihu,”jelasnya.

Jelas Abdul Haris lagi,Ikan-ikan yang fi bagikan   secara gratis kepada masyarakat ini merupakan  kerjasama antara  DKP Provinsi Maluku bersama TIM Penggerak PKK.

“Untuk kita ketahui selain untuk menjaga imunitas tubuh, ikan juga baik untuk mencegah Stanting, jadi kamu dari DKP berkolaborasi dengan TIM Penggerak PKK Provinsi Maluku,” tambahnya.

Jadi  jumlah ikan yang telah dibagi kata Haris, ada sekitar 2,5 ton ikan Cakalang dan Baby Tuna.

“Untuk teknis pembagian Kita telah melakukan kordinasi bersama pihak kelurahan dan dari pihak kelurahan kami meminta mereka untuk mendata jumlah wargannya, tentunya dalam kondisi saat ini ada juga bantuan-bantuan yang diberikan oleh pihak-pihak lain baik dari instansi Pemerintah maupun Swasta,”ujarnya.

 

Terkait jumlah pembagian tiap kecamatan lanjut Haris,pihaknya menyerahkan kepada pihak kelurahan masing-masing untuk mendata dan membagikan kepada mereka, tetapi untuk di Airsalobar Pohon Mangga tadi kita siapkan sekitar 500 ekor ikan Cakalang dan Baby Tuna yang jumlahnya kurang lebih sekitar 650 kg dan disamping itu ada juga 300 masker untuk aktifitas masyarakat.

Sementara itu untuk  Desa Taeno tambah Haris di  bagikan sekitar 400 ekor ikan Cakalang Baby Tuna yang beratnya kurang lebih sekitar 500 kg.
Sedangkan nantinya dikelurahan Waehaong juga sama jumlahnya sama sekitar 800 kg dan untuk jumlah packingnya itu sekitar 400 dan masker kurang lebih sekitar 350 masker.

Reporter :Mohammat Nurlette

Editor : Redaksi

Check Also

Kembali Lagi Yayasan Indah Binaan Hambra Salurkan 50 Ekor Hewan Qurban ke SBB

MALUKU,N25NEWS.com-Setelah menyalurkan hewan qurban di Kota Ambon,kembali YAYASAN Insan Cerdas Sejahtera (Indah) kembali menyalurkan 50 …