Kadis Pendidikan Kota Ambon Buka  Bimtek Dan Bedah SKL Bagi Guru Mapel UN Tingkat SMP/MTs Se-Kota Ambon

AMBON,N25NEWS.com – Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon Fahmi Sallatalohy membuka  bimbingan teknis bagi guru-guru mata pelajaran Ujian Nasional tingkat SMP/MTs di SMP 17 Ambon jumat 29 November 2019.

Bimtek yang di ikuti 250 guru mata pelajaran Ujuan Nasional ini adalah kegiatan meningkatkan kualitas dan kapasitas guru dalam menghadapi Ujuan Nasional tahun 2020 mendatang .

Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon Fahmii Salatalohy dalam membuka Bimtek bagi guru mata pelajaran UN ini menegaskan bahwa Bimbingan Teknis ini merupakan salah satu meningkatkan mutu lulusan SMP/MTs di Kota Ambon dan ini sudah di laksanakan 3 tahun belakangan ini.

Selain itu bimtek ini juga kata Salatalohy, bagaimana para guru mereviuw kembali muatan-muatan soal yang di ujiankan tahun lalu dan sekaligus pemantapan,agar-agar guru bisa betul-betul mengawasi dan memantapkan anak-anak didiknya pada saat menghadapi UN pada 2020 nanti.

“Oleh karena itu Saya mengharapkan guru yang diutus dari sekolah SMP/MTs harus fokus, sehingga apa yang di sampaikan pemateri,itu betul-betul dapat di serap dan dapat di implementasikan pada anak didiknya sehingga pada UN nanti kita tidak kelabakan,”Harap Salatalohy.

Ketika di tanya apakah bimtek-bimtek yang di laksanakan MKKS Kota Ambon,mutu pendidikan mengalami peningkatan?Fahmi Salatalohy menegaskan hal ini bisa di lihat dari kepesertaan UNBK  tahun 2018 sekitar ada 32 sekolah yang mengikuti UNBK kemudian tahun 2019 mengalami peningkatan 43 sekolah,hal ini juga seiring dengan peningkatan nilai UN dari 11 Kabupaten/Kota,Kota Ambon menduduki peringkat tertinggi.

“Namun demikian untuk MTs sendiri,Kita belum bisa di atas Kabupaten Buru yang tahun 2019 ini menduduki peringkat tertinggi,makanya kita harus berhati-hati dan terus bekerja keras sehingga rangking UNBK Kota Ambon untuk MTs untuk tahun 2020 nanti tidak melorot dan bisa mnncapai peringkat tertinggi,”kata kadis pendidikan Kota Ambon ini saat di wawancarai reporter N25NEWS.com.

Baca juga :   SMPN 6 Ambon Akan Terapkan  3 Hari Di Sekolah Dan 2 Hari di Lapangan

Oleh karena itu Dia berharap guru-guru mapel UN yang diutus dari berbagai sekolah SMP/MTs yang ada di Kota Ambon dapat mengikuti Bimtek ini dengan serius dan dapat menginplementasikannya untuk anak-anak didiknya.

“Karena tantangan Ujian Nasional kedepan semakin berat apalagi kabupaten lainnya terus berlomba meningkatkan nilai Ujian Nasionlnya,jadi kalau tahun ini nilai kita melorot,hal ini akan menjadi risiko kita dan secara lansung ini merupakan kegagalan kita semua,”ungkap Kadis Pendidikan Kota Ambon Fahmi Salatalohy.

Sementara itu Ketua Panitia Bimtek Bedah SKL UN 2019, D.R.Samalelaway,SPd mengatakan bimtek yang di laksanakan 2 hari ini bertujuan untuk meningkatkan nilai UN yang dapat mengangkat mutu pendidikan di Provinsi Maluku terkhusus di Kota Ambon.

Selain itu kata Samalelaway yang lebih khususnya lagi meningkatkan nilai hasil Ujian Nasional pada semua mata pelajaran tahun ajaran 2019 -2020,meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran UN dan memberi bekal pengetahuan dan pengalaman praktis dalam memecahkan soal-soal tingkat tinggi.

“Adapun materi yang akan di dapat antara lain ruang lingkup materi Host dan esensial dalam UNBK,penjebaran kisi-kisi/SKL pada UNBK 2020 dan strategi peningkatan kompetensi dalam menyelesaikan soal UNBK,”jelas Ketua Panitia Bimtek Bedah SKL UN 2019 D.R.Samalelaway,SPd.

Editor:Redaksi

Check Also

Kepala Matsaneba Diminta Ciptakan Inovasi Bangun Madrasah

AMBON,N25NEWS.com -Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakamenag) Kota Ambom Zein Firdaus Kaisupy meminta Kepala MTs Negeri …