Home / Hukum dan Kriminal / Kadis Tidak Ditempat,Komisi II Undur Rapat Persoalan RKB SMPN 2 Ambon

Kadis Tidak Ditempat,Komisi II Undur Rapat Persoalan RKB SMPN 2 Ambon

AMBON,N25NEWS.COM -Agenda pemanggilan terkait dengan persoalan proyek Ruang Kelas Baru (RKB) SMP Negeri 2 Ambon yang seyoganya harus berlangsung,Kamis(6/12) terpaksa harus mengalami penundaan lantaran Kadis Pendidikan dan Olahrga (Dikor) Kota Ambon Fahmy Salahtalohy tidak berada ditempat alias keluar daerah.

Selain Kadis juga terdapat Kabid Dikdas Dikor Kota Mery M yang juga disebut saksi kunci persoalan RKB SMPN 2 Ambon yang juga tidak berada ditempat.

Pemanggilan Pejabat di Dikor Kota Ambon dan Kepsek SMPN 2 Ambon dan mantan Kepsek terkait dengan adanya pengaduan mantan Konsultan pembangunan desain draf SMPN 2 Ambon yang merasa dirugikan secara sepihak oleh Kadis Dikor dan Kepsek SMPN 2 Ambon.

Untuk diketahui persoalan RKB SMPN 2 Ambon, sampai saat masih menjadi pertanyaan publik, karena belum dan penjelasan resmi dari Kadis maupun Kepaek SMPN 2 saat yang keduanya terkesan selalu menghindar dari awak media.

Bahkan dalam proyek yang menggunakan APBN sebesar Rp 3 miliar lebih dalam bentuk soakelola juga menjadi timbul pertnyaan lantaran dikerjalan oleh pihak ketiga yang notaben adalah kontraktor.

Sehingga ada dugaan kuat juga melibatkan Walikota Ambon, bahkan bisa saja melibatkan oknum DPRD Kota sendiri.

Hal tersebut bisa akan terbuka semua jika bagaimana pihak Konsultan yang dirugikan mengajukan persoalannya kepihak Kejaksaan.

Tapi jika pihak-pihak yang diduga terlibat dalam persoalan ini hanya diam dan tidak melakukan langkah-langkah pendekatan maka dengan sendirinya kedok kasus ini akan terbuka

Seperti diketahui bahwa pihak Konsultan yang mengajukan persoalan ke Komisi II DPRD Kota Ambon, merupakan pihak konsultan yang melakukan proses perancanaan awal dengan mantan Kepsek SMPN 2 Ambon La Siteni ke Kementerian Pendidikan RI  hingga akhirnya dengan draf diajukan mendapat persetujuan dengan memberi dana APBN sebesar Rp  3.273.795.000.

Anehnya ketiga APBN disetujui berdasarkan acuan draf perencanaan yang diusulkan pihak mantan konsultan dengan secara sepihak mantan konsultan disepak keluar begitu saja,.oleh oknum-oknum yang terlibat dalam proyek tersebut.

Dimana hal tersebut terjadi paskah berakhirnya masa jabatan La Siteni memasuki masa purnah bhakti.

Sementara menyangkut dengan penundaan  pemanggilan, Ketua Komisi II Jhony Mainake yang dikonfirmasi koran ini di Baileo Rakyat Belakang Soya Ambon, Kamis(6/12) kemarin mengakui, kalau pemanggilan sudah fiks, akan berlangsung hari Kamis, namun diundur lantaran Kadis Fhamy Salatalohy, tidak berada ditempat alias, sehingga panggialannya diundur sampai Kadis Pendidikan berada ditempat barulah rapat bersama terkait persoalan RKB SMPN 2 Ambon ini dilaksanakan.

“Ini pemanggilan terkait dengan ada pengaduan dari pihak Konsultan pembangunan RKB SMPN 2 Ambon, sehingga surat pemanggilan sudah kita layangkan atau berikan kepada Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ambon, akan tetapi karena Kadis Pendidikan ini sementara ke luar daerah sehingga rapat diundurkan,”akuinya.

Akan tetapi, menurut Mainake, pihaknya tetap melakukan pengecekan, atau koordinasi  tetap berjalan, sehingga ketika Kadis sudah datang maka pasti kita melaksanakan rapat bersama mereka untuk membahas persoalan RKB SMPN 2 Ambon.

Penulis   : Gali M

About admin

Check Also

Diduga Ada Keterlibatan Oknum DPRD Di Proyek RKB SMPN 2 Ambon

AMBON,N25NEWS.COM -Setelah disebut ada dugaan korupsi berjamaah yang melibatkan Walikota Ambon, kini giliran oknum anggota …