Breaking News

Kakanwil Dorong Program dan Anggaran Pendis Tahun 2020

AMBON,N25NEWS.COM –  Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku, Fesal Musaad, S. Pd, M. Pd mendorong program dan penyusunan anggaran Bidang Pendidikan Islam (Pendis) tahun 2020.

Dimana dalam penyusunan prgram dan anggaran dapat diukur secara efesien agar tidak ada kelebihan atau kekurangan sesuai kebutuhan. Demikian hal tersebut disampaikan Kakanail saat membuka kegiatan Penyusunan Program dan Anggaran Pendis Tahun 2020 di Hotel The Natsepa, Maluku Tengah, Senin (19/8) malam.

Dibawa sorotan tema “Prestasi Anggaran Soko Guru Perencanaan Yang Baik”, ini berlangsung selama tiga hari rerhitung dimulai sejak dibukanya kegiatan tersebut.

Dikatakan, dalam kegiatan tersebut peserta diminta lebih serius dalam menyusun anggaran dan pembahasan program 2020, sehingga mampu melahirkan output yang jelas, mendorong peningkatan kinerja agar masyarakat dapat terlayani dengan baik, khususnya para insan pendidikan di lingkungan madrasah.

Ia juga mengajak agar peserta dapat memperkuat penegerian madrasah, sekaligus pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) khususnya diwilayah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T) agar perlu diadakan dan dilaksanakan UNBK, sama halnya denganp pemerataan guru mata pelajaran umum.

“Sebab berdasarkan capaian kinerja, guru mata pelajaran umum untuk pelaknaan UNBK itu masih kurang dan sangat minim. Ini yang harus diperhatikan, sehingga tidak ada lagi keluhan dari masyarakat” ujar Musaad.

Untuk menjawab persoalan itu kata Musaad, dirinya mengungkapkan harapan penuh kepada seluruh kepala madrasah di seluruh daerah dapat menjadi pemimpin perubahan, yang bisa merubah wajah madrasah.

“Upayakan juga trend penerimaan siswa meningkat, sehingga kedepan madrasah lebih mendapatkan kepercayaan dari masyarakat luas,”pintanya.

Sebelumnya Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, Yasir Rumadaul menerangkan, jumlah anggaran tahun 2019 mengalami capaian sebesar 288 miliyar lebih, dengan presentase tertinggi diperoleh MTs N 5 Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) dengan 55%. Sementara realisasi terendah jatuh pada sekolah MAN 2 Maluku Tengah yang berkisar 33%.

Baca juga :   Bimas Islam Kemenag Laksanakan Penyusunan Anggaran 2020

Untuk tahun 2020 lanjut Rumadaul, bahwa anggaran dalam Dipa Bidang Pendis yang dpimpinnya sebesar Rp 281 miliyar lebih, angka tersebut mengalami penurunan 2,24 persen dari sebelumnya.

Sedangkantunggakan Tunjangan Kinerja (Tukin) untuk guru mulai dari tahun 2015-2018, yang telah selesai diverval oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Maluku sebanyak 18 miliyar.

Untuk penyusunan anggaran tahun ini disebutkab, dalam rangka kerinduan masyarakat akan hadirnya lembaga pendidikan madrasah yang mampu menyiapkan lulusan menjadi angkatan kerja berkompeten dan komperatif, maka sekolah berbasis keagamaan Islam ini harus dapat berinovasi sebagai pusat keunggulan dengan penguatan karakter kompetensi dan literasi.

Memandang, perlunya madrasah menyiapkan generasi milenial yang berakhlak kompetetif, mandiri, dan siap melaksanakan perubahan baik terhadap guru yang menjadi tenaga fasilitator di lingkungan madrasah, perlu ada langkah pembaharuan. termasu keberadaan tenaga guru di Provinsi Maluku yang masih sangat minim.

“Kekurangan guru saat ini dari 1410 yang baru tersedia untuk program studi UN sebanyak 342. Sedangkan untuk fasilitasi terkait Sarpras, proposal yang masuk mulai dari tahun 2016 sampai 2019 untuk tingkat MI dengan permohonan tambahan ruang kelas baru itu sebanyak 157 proposal. Sementara permintaan laboratorium baik IPA maupun Perpustakaan sebanyak 83 proposal. Semua belum direalisasi dikarenakan tidak ada anggaran,”jelasnya.

Reporter : Gali M

Editor :Redaksi

About admin

Check Also

Kemenag Maluku Gelar Bimtek Simponi

AMBON,N25NEWS.com –  Kantor wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Maluku melalui Bidang Bimais Islam melaksanakan Bimtek …