Kakanwil Kemenag Lambat Wujudkan EHA di Maluku

AMBON,N25NEWS.com -Keinginan Provinsi Maluku memiliki Embarkasi Haji Antara (EHA) sendiri ternyata masih terkatong-katong arahnya, itu karena paska Kakanwil Kemenag di jabat Jamaludin Bugis terkesan lambat untuk mewujudkannya.

Padahal keinginan Maluku memiliki EHA, sudah sejak digagas oleh, Fesal Musaad yang kini menjabat Kakanwil Kemenag Sulawesi Tenggara dan saat itu juga mendapat dukungan dari mantan Gubernur, Said Assagaff dan Gubernur Maluku saat ini, Murad Ismail.

Dimana diera Fesal Musaad saat itu, sudah banyak anggaran yang dikeluarkan hanya untuk melakukan studi banding ke provinsi lain untuk dijadikan sebagai percontohan EHA.

Sayangnya diera kepimpinan Kakanwil Kemenag saat ini, hanya disibukan dengan berbagai kegiatan yang hanya semata-mata untuk mencari pencitraan.

Menanggapi hal tersebut, anggota komisi IV DPRD Maluku, Ruslan Hurasan dari fraksi Kebangsaan (PKB) yang dikonfirmasi Berita Kota Ambon, belum lama ini mengatakan, kalau saat ini sudah dilakukan upaya bersama antara Pemerintah Provinsi Maluku dengan Kanwil Kemenag Mauku, khususnya tentang penyelenggara haji di Maluku.

“Jadi suksesenya penyelenggara haji di Maluku, itu ada tiga yakni, pembinaan, pelayanan dan perlindungan,”ucapnya.

Khusus untuk pelayanan haji prima di Maluku bagi calon-calon haji, kata Hurasan, untuk mewujudkan EHA perlu ada kerja bersama Pemprov dan Kemenag Maluku, sehingga tinggal ada beberapa persyaratan yang mengarah pada perwujudtan EHA di Maluku.

Salah satunya terkait dengan Peraturan Daerah (Perda) penyelenggara haji di Provinsi Maluku.

“Kami komisi IV DPRD Maluku, sangat mendukung dan sport lahirnya Perda penyelenggara haji di Maluku. Surat masuk ke kami sudah disampaikan dan sementara ini, tim telah menyusun draf Ranperda naskah akademinya, sehingga kedepan di tahun 2021, Perda ini akan menjadi inisiativ Komisi IV mendorong diwujudkannya Perda penyelanggara haji di Maluku,”jelasnya.

Menurutnya, jika Perda tersebut sudah ada, maka EHA di Provinsi Maluku secara otomatis dapat diwujudkan sesuai yang diinginkan masyarakat Maluku.

“Kemarin kita sudah bahasnya didiskusikan Jamara tentang masalah haji dan umroh di Maluku,”tukasnya.(**)

Check Also

Sambut Tahun Baru Islam,Gubernur Maluku Ajak Berhijrah Ke Arah Lebih Baik

AMBON,N25NEWS.com-Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriah,Gubernur Maluku Murad Ismail,mengajak masyarakat untuk berhijrah ke …