Breaking News

Kakanwil Serahkan 450 JCH Kloter 12 Ke PPIH Embarkasi Makassar

MAKASSAR,N25NEWS.COM- Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku, Fesal Musaad, S.Pd, M.Pd menyerahkan Sebanyak 450 Jamaah Calon Haji (JCH) Provinsi Maluku, Kloter 12, asal Kabupaten Maluku Tengah, Maluku Tenggara, Buru dan Buru Selatan resmi diserahkan ke Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Haji Makassar. Penyerahan tersebut ditandai dengan penyerahan manivest Kloter 12 dari Kakanwil Kemenag Maluku Fesal Musaad kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH)Makassar, berlangsung di Masjid Quba Embarkasi Sudiang Makassar,  Dr. H. Muhammad Rasbi, di Masjid Quba Asrama Haji Sudiang, Makasar,  Minggu 14 Juli.

Kakanwil mengatakan  ada empat pesan penting kepada seluruh JCH Maluku dan khususnya Kloter 12. Diantaranya meminta JCH untuk menjaga niat dan hati. Sebab, ke Tanah Suci bukan untuk berwisata melainkan tujuan Ibadah. JCH agar tetap jaga kesehatan, stamina dan memanfaatkan waktu dengan baik.JCH pun dipesankan agar mengkonsumsi air putih dengan baik lantaran suhu panas di Mekkah cukup tinggi.JCH diminta tidak memaksakan tenaganya untuk melaksanakan Ibadah Sunnah karena akan mengurangi  staminanya saat melakukan Ibadah Wajib saat puncak pelaksanaan Haji atau wukupf di Arafah. JCH juga diimbau menjaga nama baik negara Indonesia. Karena kehadiran JCH Maluku juga membawa Nama besar Negara Indonesia. Sopan Santun dan patuh terhadap seluruh perintah dari Petugas Haji.

Kakanwil berharap, seluruh JCH diberikan kekuatan kekuatan dan kesabaran selama melaksanakan Ibdaha Haji dan kembali ke Tanah Air dengan selamat dan meraih gelar Haji Mabrur.
Sementara itu, Kepala PPIH Embarkasi Haji Makassar yang juga Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam , Kanwil Kemenag Sulawesi Selatan Dr. H. Muhammad Rasbi mengatakan, dengan diserahkan 450 JCH  Maluku yang tergabung dalam Kloter 12 JCH Indonesia itu pertanda seluruh tanggungjawab sudah diambil alih oleh penyelenggara Ibadah Haji Makassar.

Menurutnya, penyerahan 450 JCH Kloter 12  menjadi  momentum rekonsiliasi dan silaturahmi. Diapun berharap stigma perbedaan masing-masing daerah harus ditanggalkan dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan.”Hilangkan stigma perbedaan itu. Mari kita rajut silaturahmi secara berkelanjutan,”harapnya.

Baca juga :   Kemenag Agendakan Pemulangan Jemaah Haji

Setelah penyerahan, tahapan selanjutnya, JCH Kloter 12 mengikuti tes kesehatan, perekaman Biometrix dan pemantapan manasik haji oleh PPIH Embarkasih Haji Makassar.

Hadir dalam acara penyerahan tersebut, Kepala Biro Kesra Maluku, Drs. Muhammad Aji, Wakil Bupati Buru, Amustofa Besan, Kakaknwil  Kemenag Sulsel H. Anwar Abubakar, Kabag TU Kemenag Maluku, Jamaludin Bugis, Kepala Kemenag Maluku Tengah M. Hanafi Rumatiga, Kepala Kemenag Malra dan Kasubag Humas IK Kemenag Maluku Abd.Karim Rahantan.

Tahapan pemberangkatan JCH Maluku dari Makassar ke Mekkah

Seluruh Jamaah Calon Haji (JCH) Provinsi Maluku yang tergabung dalam tiga Kloter yakni Kloter 12, 13 dan Kloter 14 akan diterbangkan dari Bandara Hasanudin Makassar Ke Kota Madina, Arab Saudi dalam dua Hari. Kloter 12, yang meliputi Kabupaten Maluku Tengah, Maluku Tenggara, Buru dan Buru Selatan (Bursel) dengan total 450 orang segerah bertolak pada Tanggal 15 Juli besok sekitar pukul 11.20 Waktu Indonesia Tengah (WITA).

Selanjutnya Kloter 13 dan 14 baru akan diterbangkan ke Arab Saudi pada Tanggal 16 Juli dengan jadwal waktu penerbangan yang berbeda. Dimana, Kloter 13  akan bertolak meninggalkan tanah air tepat Pukul Jam 03.20 WITA dinihari. Sementara pemberangkatan kloter 14 dijadwalkan pada pukul 19.50 WITA.

Seluruh JCH Maluku dari 3 Kloter itu akan diterbangkan Menuju Madina menggunakan maskapai Penerbangan Garuda Indonesia dengan  jarak tempuh kurang lebih  11 jam.

Sebelum pemberangkatan seluruh JCH Maluku yang diterima di Embkasi Haji Makassar mengikuti tahapan pemeriksaan kesehatan, perekaman Biometrix dan pemantapan Manasik Haji oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar.

Reporter :Rohim

Editor :Redaksi

About admin

Check Also

232 Peserta KSM Rebut 11 Tiket Tingkat Nasional

AMBON,N25NEWS.COM –  Pembukaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi yang diikuti 232 siswa/siswi tingkat Madrasah …