Breaking News

Kampanye Penyadaran Publik Guna Kesiapsiagaan Terhadap Bencana

AMBON,N25NEWS.COM-Program Flood Management In Selected River Basins (FMSRB) ini ada karena dilatar belakangi adanya bencana banjir yang sering terjadi,yang mana tidak hanya merusak wilayah pemukiman dan lahan pertanian,tapi juga mengganggu aktifitas dan sistem perekonomian.

Hal tersebut disampaikan Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Abdul Hlim Daties ketika mewakili Plh Gubernur Maluku pada Acara Kampanye Penyadaran Publik Program Flood Management In Selected River Basins (FMSRB) di Hotel Amaris Ambon,senin (18/3/2019).

Lebih lanjut Daties mengatakan,”Perlu kami sampaikan bahwa kebijakan pengelolaan sumber daya air sebagaimana tertuang dalam agenda prioritas ketujuh RPJMN 2015-2019 yaitu mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis domestik,dengan arah kebijakan pada peningkatan ketangguhan masyarakat dalam mengurangi daya rusak air termasuk iklim,”kata dia.

Sementara itu menjawab kebutuhan tersebut,maka pengurangan resiko banjir berbasis masyarakat menjadi satu pendekatan yang dianggap paling tepat untuk dilaksanakan.Hal ini mengingat masyarakat adalah pihak yang paling rentan saat terjadi banjir,sehingga perlu dilibatkan dalam metigasi banjir guna meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana banjir.

“Masyarakat ini perlu dikembangkan kesipsediaannya terhadap bencana dan peningkatan kemampuan prediksi terhadap peningkatan aliran sungai serta dampak yang ditimbulkan,maka juga sebagai acuan dalam penyusunan rencana penataan tata ruang serta pengelolaan wilayah pantai secara berkelanjutan,”jelas Daties.

Kegiatan kampanye penyadaran publik ini dilaksanakan secara terencana dan terpadu sehingga dapat mewujudkan persamaan presepsi bagi semua pemangku kepentingan khususnya di Provinsi Maluku dan Kota Ambonserta meningkatnya partisipasi masyarakat dalam perencanaan maupun pelaksanaan program FMSRB.

“Untuk itu kami mengajak semua masyarakat agar dalam pelaksanaan kampanye penyadaran publik ini untuk betul-betul dapat memberikan sumbangsih maupun pemikiran yang lebih berarti dalam pengelolaan banjir di Provinsi Maluku dan secara khusus Kota Ambon,”tandas Halim Daties.

Reporter    : Aris Wuarbanaran

Editor        : Redaksi

About admin

Check Also

Kantor Bupati KKT Direnovasi, Aktivitas Pindah Ke Kewarbotan

SAUMLAKI,N25NEWS.COM-Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) terus berbenah dan memperbaiki penampilan wajah kota Saumlaki serta mencoba …